Bagaimana Cara ke Bukittinggi dari Kota Padang

Ngarai Sianok berlatar belakang Gunung singgalang yang tertutup awan

Ngarai Sianok berlatar belakang Gunung singgalang yang tertutup awan

Hmmm… Aku sudah membuat postingan tentang Jam Gadang di kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dan bagi teman-teman yang bukan warga Sumatera Barat dan sekitarnya yang berniat ke Bukit Tinggi, aku akan membantu kamu menjelaskan rute perjalanannya.

Bagi kamu yang bukan warga Sumatera Barat dan ingin berwisata ke Bukit Tinggi, pergi ke Bukit Tinggi dari Padang sangat gampang kok. Jika kamu datang dari Jakarta menggunakan pesawat, dan sudah berada di Bandara Internasional Minang Kabau, ada dua opsi untuk bisa ke Bukit Tinggi jika kamu tidak dijemput teman, saudara atau keluarga di sana.

A. Naik Bus Damri atau Tranex.

Jika kamu memilih naik Damri dari bandara, kamu harus bilang sama keneknya Kamu hendak ke Bukit Tinggi, jadi minta tolong turunin di pul bus yang menuju yang ke Bukit Tinggi seperti bus ANS atau Tranex. Biasanya diturinin di Basko Mall . Setelah itu nyeberang ke seberang jalan karena busnya di arah seberang. Selain itu bisa juga turun di Simpang Indah, simpang yang menuju kampus Universitas Bung Hatta.

Sebenarnya bentuk bus ANS atau Tranex sekarang ini adalah minibus yang digunakan travel Jakarta – Bandung. Dulu bus yang digunakan benar-benar bus besar. Tapi sekarang semua angkutan kota dalam provinsi di Sumatera Barat berlaih ke minibus. Dan ongkos ke Bukit Tinggi sekitar Rp.20.000 kali (maaf, soal ini saya tidak apdet).

IMG_5393

 B. Menggunakan Travel atau Carter Mobil.

Bagaimana kalau naik travel dari bandara? Bisa juga kok. Begitu Kamu keluar dari terminal kedatangan di bandara, kamu akan disambut oleh orang-orang tak dikenal yang akan menanyakan kemana tujuan kamu. Dan yang datang menanyakan tujuan kamu bisa 2 atau 3 orang sekaligus.

Dan kalau pertanyaan mereka tidak dijawab dengan pastinya mereka gigiiiih banget nanyain terus. Harus dijawab. Sok ‘tinggi gengsi’ dan sok ‘merasa ngga dihargai banget’ mereka kalau pertanyaan mereka ngga dijawab. Heraan deh.

Nah, pas kamu bilang mau pergi ke Bukit Tinggi. Dengan sok akrab mereka akan, bilang, “yok sini” dengan yang gaya sok akrab. Hati-hati ya, pastiin dulu nanya ongkosnya, jangan asal mau aja di ajak ‘yuk, sini!’ sama mereka. KUDU WAJIB TANYAIN DULU ONGKOSNYA, biar ngga digetok ongkosnya.

Biasanya mereka menyebut harga 80 rebu atau 90 rebu. Yang harus kamu lakukan adalah, kamu harus belagu udah biasa ke Bukit Tinggi. Tawar aja 40 atau 50 rebu. Kalo nggak bisa, mentok-mentok 60 atau 65 rebu. Pokoknya aku saranin boleh deh melakukan tawar menawar secara a lot, (daging yang belum mateng kali yeee, hehehe)

Ini gambar dipinjem dari punya teman Ayu riza.

Ini gambar dipinjem dari punya teman Ayu riza.

Kalau semisal kamu ada ber-3, 4 atau 5 orang, mendingan kamu carter mobil aja, rate-nya sekitar 200 rebu – 250 rebu ke Bukit Tinggi. Di situ ada kok agen rental mobil plus banner daftar harganya ke berbagai daerah di Sumbar.

Bisa dibilang suasana terminal kedatangan bandara di Padang ini seperti terminal bus Pulo gadung sana kalau kata aku mah…Banyak calo yang langsung mengahmpiri begitu keluar dari area terminal kedatangan. Mending yang datang satu, ini langsung 3 – 4 orang yang ngeruminin kita. Ga elit bangettt!!!!!

Nah, kalo misalnya kamu sudah ada di Padang dari kemarin-kemarinnya, kamu tinggal naik angkot yang ke arah Mall Basko. Bilang aja sama supirnya minta diberhentiin di pul bus yang ke Bukit Tinggi. Mereka akan dengan senang hati ngasih tau ntar kok.

Selamat jalan-jalan yaaa… ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s