Belajar Sambil Nge-bir

Suatu kali, pas ketika aku mau mulai ngajar bapak-bapak korea yang tiga orang, mereka minta belajar di luar, di restoran atau di café. Alasannya karena ruang tempat biasanya kami belajar akan digunakan untuk meeting. Makan dan minum sambil belajar. Aku sih oke-oke aja walaupun awalnya lupa, yang dimaksud minum di sini pasti ‘minum’.

Yang ada dalam otakku adalah lumayaaaannn dong makan dan minum di restoran korea. Makan gratis karena ditraktir, hehehe. Kan cerita daku suka makanan korea, tapi harga resto korea kan mahal yaa, malas banget kalo harus makan sampe 60 – 80 ribu an sekali makan. Ooo tidakkk. jadi kalao ditraktir sih mauuu, hehehe *ngarep dot com. ^__^

Nah, pas udah nyampe tuh ternyata mereka ngga ke resto korea, tapi ke kafe jerman. Dan ternyata juga mereka kan biasanya udah makan malam di resto kantor alias kantin khusus korea di kantor mereka. Hehehehe…kecelee dong dakuuu… *telen air liur dehh

Dan pas pesan minuman tuh, aku baru nyadar, kalo mereka itu orang korea (emang tadi ngga nyadar yeee…hehe), yang kalau ke kafe atau resto pasti ada ‘minum-minumannya’, alias ngebir lah. Plus ayam goreng dan kentang serta 3 botol bir segede botol sirop marjan (kurleb) untuk mereka bertiga. Dan sejam kemudian nambah lagi satu botol.

Sementara aku, pesen jus jeruk doang sama kentang juga. Sebenarnya aku lapeeerrrr banget, tapi mo pesen nasi goreng kok malu aja gitu. Padahal mereka udah bilang kalau pesan makan buat sekalian makan malam ya pesan aja. Tapi akunya sok tinggi gengsi, bilang ngga mau makan, hanya pesen kentang (buat ngeganjel dulu). Maklum, perut Indonesia banget daaahh… Ngga kuat ama kentang doang hehehe.

Pake acara cheers-an segala macam deh. Aku ngga ngeh harus cheers-an, jadi cuek aja pas mereka cheers-an. Baru ngeh karena mereka tunggu aku pas mereka minta aku ikutan cheers, hehehe  *penting emang yaa…?? Jadilah jus jeruk cheers sama 3 botol bir.

Mulailah mereka belajar sambil ngebir. Kali ini ngga ada fotokopian bahan ajar, karena pure hanya ngomong-ngomong aja. Termasuk mereka menawari gue minum bir bareng mereka.

“해 봐… (hae bwa…) ~ Cobalah” kata si Mr. K, yang paling tua dan paling tinggi jabatannya diantara mereka. Pake bahasa korea, ngga Indonesia.

Dasar yaaa, mentang-mentang jauh lebih dari aku tua ngomong ke aku pake 반말 (banmal) aja. Lah aku kan gurunya dia, (songong nih aku yaaa) hehehe. Ngga masalah sih sebenarnya…. ^__^

“안되요, Mr. (andwaeyo Mr), ~ Ngga boleh, Mr.” jawabku juga pake Korea.

“왜 안되? (wae andwae?) ~ kenapa ngga boleh?)” tanya si mr. K lagi.

“제가 이술람 사람이잖아요. 이슬람 사람들 맥주나 술을 마시면 안되요. (Islam sarami-canayo. Islam saramdel maekjuwa surel masimyeon andwaeyo. ~ Saya kan muslim. Orang Islam ngga boleh minum bir atau minum-minuman beralkohol.” jawabku dan berdoa mereka tidak memberikan pertanyaan lanjutannya.

“Minumnya tidak boleh, yang lain tidak boleh apa?” tanya Mr. I.

“Makan babi.”jawabku.

“Baby?” tanyanya kaget. Pasti yang ia maksud bayi.

“Babi mister. Bukan bayi. Kalau babi ‘dwaeji’, kalau baby ‘ayi.” jawabku.

“Aaaa.. iya iya, babi. Kalau bibi?” si mister I lanjut bertanya.

“Bibi, imo atau gomo.”

“……………………”

“……………………”

“……………………”

Dan percakapan-percakapan lainnya yang diselingi dengan percakapan antara mereka yang menggunakan bahasa Korea saturi alias dialek selatan. Mereka ngomong korea cepet aja udah keder aku, ini malah pake saturi, ya ngga ngerti, hehehe.

Dasar aku emang ngga tau apa-apa tentang bir ya, jadi aku memperhatikan dan menunggu mereka bakal teller alias mabuk. Pengen liat langsung orang mabok itu kaya apa, hehehe. Tapi mereka tetap aja masih segar bugar walaupun sudah minum menghabiskan 4 botol bir. Aku lupa kalau mereka sudah terbiasa dengan munum minuman keras jadi 4 botol buat bertiga ngga akan bikin mereka mabok.

“Bir ini, alkoholnya rendah. Jadi tidak mabuk.” jawab Mr. I ketika aku Tanya apakah minuman itu akan membuat mereke mabuk atau nggak.

Oya aku sempat juga nanya seperti apa rasanya bir tersebut, apakah enak? Ini hanya pertanyaan isengku aja. Bukan karena pengen nyoba yaa…^___^

“Enak, seperti kola” jawab salah seorang diantara mereka. Aku hanya ber ‘oohh’ Yo wis lah.

Dan ketika mereka sudah selesai minum dan sudah waktunya pulang, baru deh di mobil berasa banget bau bir setiap kali mereka ngomong.  Tadinya aku dipersilahkan naik duluan oleh Mr. I, sementara Mr. Y naik di pintu sisi kiri. Artinya aku bakal duduk di tengah, diapit mereka. Aku nggak mau dan minta Mr. I naik duuan dan akhirnya duduk di pinggir. Duduk di pinggir aja, bau mulut mereka udah bikin aku pusing dengan bau mulut mereka, gimana kalau aku duduk di tengah, diapit mereka ya?

Jam sudah menunjukkan pukul 9 kurang, sementara aku harus balik ke Jakarta dari Cikarang… ^__^ Semangaaatt ya Firsty

Advertisements

38 comments

  1. Mister : 해봐!
    Fisra : 괜찮아요
    Mister : 한 잔 만, 마셔, 어?
    Fisra : 생각이 없어요
    Mister : 왜?
    Fisra : 저 이슬람이니까 술 마시면 안돼요. 절대 안돼요.
    Mister : 아 그렇구나
    Fisra : 근데 초금만 괜찮아요. 저기요, 맥주 10 잔 주세요!! ㅋㅋㅋㅋㅋ

  2. Toss! Lo disuruh nuangin dari botol ke gelas mereka ga? Pan tradisi ganti-gantian nuangin bir ke gelas. Kalo saya mah mending pesen es teh tawar segelas guedhe haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s