Orang Indonesia On Time Kok Kalau Pulang Kerja ~ Pendapat Orang Korea (bos) Terhadap Karyawan Indonesia

gambar dari google

gambar dari google

Soal ketidakketepatan waktu alias ngaret, rasanya bagi kita orang Indonesia memang sudah menjadi penyakit akut kali ya. Ngga on time (umumnya yaa..). Betapa banyak dari kita yang kalau janjian jam 7, eh baru berangkatnya jam 7. Ujung-ujungnya janjian jam 7, nyampe jam 8 an. Yang nunggu? Paling kesel-kesel, ngerepet dikit karena ia juga baru datang, hehehe.

Dan karena hobi yang suka ngaret ini, seringkali kalau ada acara, jadwal mulai acaranya sengaja dicepatin 1 jam untuk mengantisipasi peserta yang ngaret. Jadi, kalau acara dijadwalkan mulai jam 10.00, di pengumumannya dibilang jam 9.00. Eh, ujung2-ujungnya tetap aja mulainya jam 10 lewat, hehehe…

Nah, pas lagi ngajarin bahasa Indonesia, biasaaaaaa, kepoo gue mendadak kambuh bin kumat, hahaha. Senang aja nyari tau apa pendapat orang korea tersebut terhadap orang Indonesia. Walau ujung-ujung suka kesel sendiri karena jawaban mereka, hhee.

Jadi, selain orang Indonesia yang mempunyai rasa bertanggung jawab yang kurang terhadap pekerjaan, kurang teliti, kata mereka orang Indonesia suka on time kalau pulang kerja, hehehe. Ini pasti sindiran ya… 🙂

Kalau soal masuk kerja sih mungkin disiplin, karena kalau nggak disiplin atau ‘on time’ masuk kerja bisa berakibat pemotongan uang makan, atau kalau di‘rapel’ bisa-bisa malah bakal kena SP deh.

Begitu juga saat jam pulang kerja, orang Indonesia yang bekerja pada orang korea juga bisa dibilang ‘tepat waktu.’ Artinya, ggak mau kerja lebih dari jam kerja mereka, paling-paling kalaupun lewat dari jam pulang kerja, lewatnya cuma setengah jam. Ga mau lebih.

Jadi siapa bilang orang Indonesia suka ngga “on time?” tuh buktinya suka on time kok…tapi kalau pulang kerja, hehehe.

Kalau soal ini bisa dimengerti sih, karena ada perubahaan korea yang memberikan uang lembur dan ada yang nggak. Perusahaan besar sih biasanya mengikuti aturan yang ditetapan undang-undang ketenaga kerjaan Indonesia, ngasih uang lembur kalau pekerjanya lembur.

Tapi ada juga perusahaan Korea yang tidak memberikan uang lembur pada pekerja Indonesia yang lembur. Walaupun lembur sampe jam 12 malam, uang lemburan ngga bakal dikeluarkan. Kadang-kadang ada sih bos-nya yang baik yang ngasih ‘uang lembur’ pada saat pulang, tapi ada juga yang tidak karena ia menganggap kan karyawan sudah digaji bulanan.

Kata orang korea, orang Indonesia pada saat jam pulang kerja, langsung siap-siap mau pulang. Pas ditanya orang korea kenapa sudah mau pulang, orang Indonesia menjawab sambil menunjuk jam, “sudah jam pulang kerja, Mister,” hehehe.

Jawaban tersebut selalu membuat orang korea mati kutu, tapi tetap aja mereka ngga habis pikir dengan pola pikir orang Indonesia yang masuk kerja jam 8, tapi saat pulang jam 4, udah bereberes pada pengen pulang. Sementara orang Korea masuk kerja jam 6.30 tapi pulang kerja bisa jam 8, jam 9, kadang-kadang 10. Artinya mereka bisa dua kali jam kerja dalam sehari. Mereka, orang koea ini salutnya gue adalah, ngga pulang sebelum kerjaan belum selesai, ngga mau tunggu besok.

Kata mereka, “orang Indonesia-nya kalau lembur dapat uang lembur, orang korea-nya kerja lembur tidak ada uang lembur. Tapi orang Indonesia pulang selalu cepat-cepat! Kenapa ya, Guru?” (dalam hati, tanya bos lo dunnkk kenapa ga dapet lemburan, nanya kok ke gue, hehehe*candaan garing yaa. Maksudnya adalah, kan pekerja Indonesia udah dikasih uang lembur juga kalao mau pulang tetap aja on time, itu yang dipertanyakan.

Aku, ditanya begitu gimanapun juga kan tetap orang Indonesia yang akan membela saudara setanah airku doongg. Rasa nasionalisme muncul booo, hehehe. Biasanya aku jawab begini.

“Begini mister, 첫 번째 ~ chot ponce (pertama), seperti orang korea, orang Indonesia juga kerja untuk cari uang. Tapi bagi orang Indonesia, banyak kerja sampai malam tidak bagus. Orang Indonesia ingin, pulang kerja, langsung pulang ke rumah, kumpul-kumpul dengan keluarga. Itu penting sekali. Jadi mereka tidak mau lembur.” jawabku dengan penuh rasa patriotisme 🙂 (walaupun banyak juga yang hang-out dulu, atau banyak juga berangkat kerja anak masih tidur pulang kerja anak udah tidur, tapi yang penting belaaa nusa bela bangsa duluuu… merdekaaaa, hehehe.

“Kedua, orang korea, kerja banyak, wolgeb (gaji…^^) juga banyak (red: besar). Orang Indonesia wolgeub-nya tidak banyak. Jadi ‘pikir’ mereka, orang korea banyak lembur tidak masalah.”

Eh ada yang jawab gini, lain waktu dan lain orang. Sebuah bantahan yang bener sih…^^

“Tapi guru, gaji orang korea sepertinya besar. Tapi di Indonesia-nya beli barang murah, di korea-beli barang mahal. 10 kali. Jadi sama, di Indonesia gaji besar, dikirim ke korea gaji jadi kecil. (maksudnya ia mau bilang biaya hidup di Indonesia murah dibanding di Korea, jadi sama aja dong jatohnya). Jadi sama saja gaji orang Indonesia dengan orang Korea.”

Jawaban dia bikin gue mingkeem. Bener juga dong yang dia bilang hehehe… Jadi ingat postingan kenapa orang korea senang tinggal di Indonesia deh…

Advertisements

33 thoughts on “Orang Indonesia On Time Kok Kalau Pulang Kerja ~ Pendapat Orang Korea (bos) Terhadap Karyawan Indonesia

    • Iya benar… Kalo datang sih mereka juga pada on time, yang diinginkan orang korea kan pekerja Indonesia pulangnya mbok ya jangan on time gitu… Kerja ‘lebih’ dikit buat perusahaan, hehe. Orang Indonesianya kan ngga mau.

  1. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

  2. Pingback: Mimpi Apa Aku Sampai Harus Ngeliat Cowok Bugil????? *Arrrrrggggg | Firsty Chrysant

  3. Pingback: Mau Mandi Susu? NO WAY…!!! Kapok Gue!!! | Firsty Chrysant

  4. Pingback: Gini Nih Kalo Ga Punya Malu : Nyante Aje Bugil di Depan Orang Lain…:( | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Halan Halan ke Kebun Raya Cibodas Puncak | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  7. Pingback: Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^ | Firsty Chrysant

  8. Pingback: SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s