Cara Menuju Batu Malin Kundang Pantai Air Manis

ampunkan denai mandeeee

ampunkan denai mandeeee

Untuk menuju Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis tidaklah sulit. Patokannya adalah pasaraya Padang. Kalau Anda ke sana menggunakan angkutan umum atau angkot, dari pasar raya Padang, angkot yang menuju ke sana ada di seberang Mesjid Taqwa Muhammadiyah, Pasar Raya Padang. Angkotnya adalah angkot mobil L 300, berwarna biru. Cukup tanyakan saja pada orang-orang di sekitar sana, maka dengan mudah akan menemukannya.

Hanya sayangnya, angkot yang ke sana tidak banyak karena angkot ini sepertinya hanya untuk kebutuhan transportasi masyarakat sana saja. Umumnya wisatawan yang ke sana biasanya menggunakan kendaraan pribadi. Dan angkot baru akan berangkat kalau penumpangnya sudah penuh. Ongkos angkot tersebut Rp.5000 dan karcis masuk juga Rp.5000. Tetapi kemarin saya ke sana masuknya ngga bayar sih…^^

Selain angkot yang memang khusus ke sana, kita juga bisa naik angkot yang menuju Teluk Bayur dari depan Mesjid taqwa Muhammadiyah, nanti bilang saja pada sopir angkot turun di simpang Pantai Air Manis. Dari sana bisa menunggu angkot yang dari pasar raya, atau naik ojek Rp.10.000, atau mungkin saja bisa lebih murah kalau jago menawar…^^.

Bagaimana kalau ke Pantai Air Manis dengan kendaraan pribadi? Ini lebih gampang lagi. Dari pasar raya susuri jalan yang menuju Seberang Padang, dan dari sana tinggal lurus menuju Air Camar. Nanti ada pertigaan, yang jalan utamanya sendiri mengarah ke kiri, sementara jalan kecil yang menuju Pantai Air manis justru lurus di seberang jalan. Atau rajin tanyakan saja pada orang-orang kalau takut salah atau simpang jalannya kelewatan. Kalaupun kelewatan, tenang saja, jalanan kota Padang bukan dengan jalanan yang rumit kok, masih cukup ‘lengang’ dan tidak macet. Jadi Anda tidak akan kesulitan mencari jalannya.

Dari simpang Air manis ini, ikuti terus jalan tersebut, maka Anda tiba di Pantai Air Manis. Jalannya agak kecil dan juga terdapat tikungan-tikungan tajam dan sempit sehingga Anda harus berhati-hati ketika berada di tikungan untuk menghindari kendaraan yang datang dari arah depan.

Karena jalannya agak kecil inilah, jalan ini tidak bisa dilewati oleh oleh bus besar. Tapi untuk bus yang ukuran sedang (ukuran kopaja atau metro mini di Jakarta), sepertinya masih bisa melewati tikungan jalanan tersebut.

Ketika Anda sudah berada di turunan jalan, nanti ada tempat untuk mengabadikan keindahan pantai dari atas bukit.

Selamat berwisata bersama keluarga…^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s