Ondol ~ 온돌, Sistem Pemanas Rumah Tradisional Korea (Korean Traditional House’s Heater)

Tungku di dapur sebagai sumber panas ondol Sumer : google

Tungku di dapur sebagai sumber panas ondol
Sumer : google

Setiap daerah atau negara memunyai kearifan lokal untuk bertahan menghadapi lingkungan yang kurang bersahabat. Sebagai daerah yang mempunyai empat musim, korea mempunyai cara tersendiri menghadapi dinginnya musim dingin. Supaya rumah-rumah tradisional korea yang terbuat dari kayu selalu tetap hangat selama selama musim dingin, tiap-tiap rumah dibuat ondol sebagai pemanas.

Jadi, ondol (온돌) adalah sistem penghangat atau pemanas tradisional yang terdapat pada hanok (한옥). Tungku ondol biasanya terdapat di dapur yang sekaligus digunakan untuk tungku memasak.

Di bawah lantai rumah tradisional korea yang lantainya dari kayu dibuat lorong yang digunakan sebagai aliran penghangat rumah pada saat musim dingin. Lorong untuk aliran yang menghangatkan rumah ini berpangkal pada bagian belakang tungku di dapur, menuju bawah lantai ruang keluarga dan kamar. Jadi dengan demikian rumah-rumah tradisional Korea tetap hangat selama musim dingin.

Rumah-rumah tradisional korea di Pulau Jeju tidak dilengkapi dengan pemanas ondol, seperti halnya rumah-rumah yang terdapat di wilayah utara dan tengah. Mereka memperoleh udara hangat pada saat musim dingin dengan cara memanfaatkan panas yang berasal dari dapur.

Gambar dari google

Gambar dari google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s