Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang

IMG_5939Teman-teman pernah dengar Malin Kundang? Rasanya hampir tidak ada orang Indonesia yang tidak  mengenal legenda Malin Kundang si Anak Durhako ini, mulai dari orang-orang tua sampai pada anak-anak sekolah dasar, pasti mengenal Malin Kundang. Sampai saat ini, Malin Kundang adalah analogi yang paling diingat orang jika ada anak yang suka melawan atau durhaka kepada orangtuanya.

Nah, jejak legenda si Malin Kundang ini berada di Pantai Air Manis Padang. Di sini terdapat bebatuan yang mirip dengan kapal yang di dalamnya juga ada berbagai bentuk bagian kapal seperti tong, dan tambang yang digunakan di kapal. Dan satu batu utama adalah batu yang meyerupai manusia yang sedang sujud yang diyakini sebagai Malin Kundang, si anak durhako, yang tidak mengakui ibunya sebagai ibunya.

Entah kenapa pantai ini bernama Air Manis saya juga tidak tahu. Yang jelas namanya sudah begitu adanya. Dan, karena hampir semua orang sudah mengetahui legenda ini saya tidak akan bercerita tentang Malin Kundangnya ya, hanya ingin bercerita tentang pantai ini saja.

Pantai Air Manis ini berada dalam kawasan kota Padang. Kalau ditarik garis lurus dari Pantai Padang, jaraknya tidak jauh, kpaling jauh berjarak 3 km dari kota Padang. Tetapi karena lokasi pantai ini berada di balik salah sastu sisi perbukitan yang memagari Kota Padang, jarak tempuh jalan raya ke sana sekitar 6 – 7 km. Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 20 – 25 menit dari pusat kota Padang.

Kawasan pantai ini mempunyai panjang sekitar satu setengah kilometer, menurut pengamatan saya loh. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan di bagian utara, salatan dan bagian timur. Di sisi selatan pantai ini terdapat Bukit Malin Kundang yang memisahkan Pantai Air Manis dengan Teluk Bayur di bagian selatannya.

Pada di bagian utara Pantai Air Manis, juga terdapat bukit yang memisahkan Pantai Air Manis dengan Gunung Padang dan Pantai Muaro Padang. Gunung Padang ini bukanlah sebuah gunung yang lazimnya dikenal, tetapi hanyalah sebuah bukit yang berada di sisi selatan Pantai Muaro, Padang. Dari Gunung padang ini konon katanya bisa hiking sampai ke Pantai air Manis, jaraknya kira-kira 2 – 3 km.

Bagian timur pantai ini adalah perbukitan yang memisahkan pantai air manis dengan kawasan kota Padang. Dari arah perbukitan ini mengalir beberapa sungai kecil yang bermuara ke pantai ini. Air sungai ini sejuk dan jernih.

Di pinggir pantai Pantai Air Manis ini ditumbuhi pohon cemara laut, sehingga pantai ini sangat sejuk, tidak panas seperti kebanyakan pantai pada umumnya. Hanya saja fasilitas-fasilitas di sana bisa dibilang sangat sederhana. Hanya tersedia warung-warung makanan yang dikelola penduduk setempat.

Di sana juga disediakan kursi-kursi plastik dan pondok-pondok untuk duduk santai bagi pengunjung. Hanya saja pondok-pondok kecil ini hanya bisa memuat maksimal empat orang dewasa duduk di dalamnya. Jadi kalau berlibur ke sana bersama keluarga sebaiknya pengunjung membawa tikar untuk duduk santai dan lesehan bersama keluarga.

Dan saya berpikiran lebih menyukai pariwisata yang seperti ini…^^

Tetapi walaupun masih sangat sederhana pantai ini bisa menjadi salah satu tujuan perjalanan liburan bersama keluarga dan sahabat karena mempunyai beberapa keunggulan.

 

  • Keunggulan Pantai Air Manis

1. Pantai yang tenang dan sejuk

Pantai Air Manis ini bisa dibilang pantai yang sangat tenang dan sejuk. Tenang karena pengunjung pantai ini tidaklah terlalu ramai. Dan sejuk karena di sepanjang pantainya tumbuh pohon cemara laut.

Pengunjung bisa duduk santai di kursi-kursi atau pondok-pondok kecil yang disewakan para pemilik warung dan terlindung dari terik cahaya matahari siang yang menyengat sambil memandang birunya air laut dan ombak kecil yang saling berkejar-kejaran ke arah pantai.

2. Mempunyai pantai yang sangat landai

Selain tenang dan sejuk, keunggulan pantai ini adalah, pantai sangat landai. Sebegitu landainya pantai ini, jika kita berdiri kira-kira 5 meter lebih dari tepian air, ketinggian air masih semata kaki. Ketika saya melihat orang yang hendak surfing dan berenang, posisinya sudah jauh ke tengah laut tapi kedalaman airnya masih setinggi paha dia.

Dan sebegitu landainya pantai ini, ketika air laut berbalik arah menuju laut menyisakan pantai yang seperti cermin raksasa. Bukit Malin Kundang terlihat membayang di ‘kaca’ raksasa tersebut.

3. Mempunyai ombak yang kecil

Jika Anda adalah seorang penikmat pantai atau laut yang tenang, maka Pantai Air Manis ini sangat cocok bagi Anda. Pantai ini begitu tenang dan sunyi, sangat cocok untuk orang yang ‘pecinta sunyi’ seperti saya…^^. Yang ada hanyala ombak-ombak lembut yang memecah dengan suara yang juga lembut. Ini menambah ketenangan pantai ini.

4. Aman bagi anak-anak

Karena pantai ini sangat landai dan ombaknya yang kecil, pantai ini Insya Allah aman bagi keluarga yang membawa anak kecil untuk bermain dan bejar-kejaran di sepanjang pantai. Anak-anak senang bermain air dan berlarian di air dangkal. Tapi tentunya tetap dalam pengawasan loh ya.

5. Berjalan menuju pulau

Pada bagian utara pantai ini terdapat dua buah pulau yaitu Pulau Pisang Kecil dan Pulau Pisang Besar. Pulau Pisang Kecil dapat ‘diseberangi’ dengan berjalan kaki pada saat air laut pasang surut. Ibarat kata ‘jalan’ pantai yang menuju ke pulau ini adalah fenomena laut terbelah Pantai Air Manis, alias Moses Miracle in Pantai Air Manis, Padang hehehe. Sementara Pulau Pisang Besar berada agak ke tengah laut, kira-kira 1 km dari dari Pulau Pisang Kecil.

Biasanya waktu yang tepat untuk berjalan ke Pulau Pisang Kecil adalah pada selepas siang, saat air laut sedang surut. Saat yang paling aman adalah jam tiga sore, itu kata pemuda tukang ojek yang saya tanya.

Ah, aku berandai-andai, seandainya saja pantai ini berpasir putih, tentu pantai ini akan lebih eksotik lagi pemandangannya…^^

  • Kekurangan Pantai Air Manis

Selain menawarkan pemandangan yang indah dan suasana tenang, pantai ini juga mempunyai kekurangan yang amat sangat menganggu. Seharusnya hal ini tidak menjadi bagian Pantai Air Manis ini.

1. Warung-warung yang tidak tertata rapi

Pertama, di Pantai Air Manis warung-warung makanan dan warung yang menjual souvenir Pantai Air Manis tidak tertata rapi. Sebenarnya tidak masalah dengan adanya warung-warung makan yang berdiri secara swadaya dan tradisional tersebut, tapi hendaknya warung-warung tersebut ditata supaya terlihat lebih rapi. Dengan begitu akan menambah kenyamanan pantai.

2. Kotor karena sampah-sampah yang berserakan

Masalah ke dua adalah pada bagian pantai yang mengarah ke Pulau Pisang kecil, pantai ini sangat kotor dan jorok. Sampah berserakan dimana-mana tanpa ada yang memedulikannya. Mulai dari sampah plastik sisa makanan, gelas plastik mi instan, bekas kelapa muda, kayu-kayu dan ranting pohon dan lain sebagainya. Malah ada sampah plastik isi ulang pelembut pakaian juga ada..:P

Sangat mengherankan para pedagang yang berjualan di sana dan juga masyarakat di Pantai Air Manis tidak ada yang berniat membersihkannya. Saya jadi berpikiran jangan-jangan para penjual dan masyarakat sengaja membuang begitu saja sampah-sampah sisa makanan ke pantai, dengan harapan sampah tersebut hanyut ke laut lepas.

Saya sangat yakin, kalau semua pedagang mau menyediakan waktu jam saja bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan pantai pasti akan terbebas dari sampah. Tentu saja harus diikuti oleh budaya bersih membuang sampah ke tempatnya oleh semua pihak, baik pengunjung maupun pedagang yang berjualan di sana.

Tetapi pada bagian pantai yang dekat dengan batu Malin Kundang, keadaan pantainya cukup bersih. Hanya pada bagian sisi utara saja yang kotor dan jorok.

3. Terlalu banyak pondok santai

Bagi muda mudi yang datang dengan pasangannnya mungkin pondok untuk bersantai akan sangat menyenangkan. Karena bisa santai berdua-duaan saja dengan sang kekasih. Hanya saja kalau pondok santainya terlalu banyak kan kesannya kuran baik karena dijadikan tempat ‘mojok’ bagi pengunjung yang datang berduan.

Alangkah lebih baik kalau yang diperbanyak adalah tenda-tenda terbuka yang menyediakan kursi yang sepasang-sepasang. Kan lebih enak, daripada pondok kecil yang muatannya pas untuk dua orang saja, karena kalau lebih dari dua, pasti akan terasa sempit. Sudahlah tempatnya sepi, di pondok kecil lagi yang berdinding lagi (walaupun dindingnya rendah, kan tetap ada dindingnya).

Atau ada alternatif lainnya, boleh dibuat pondok, tetapi tidak berdinding. Kan akan lebih baik bukan?

 

  • Fasilitas Umum di pantai Air Manis

Untuk fasilitas umum yang tersedia sepertinya tidak masalah karena di sana tersedia mushala dan toilet. Tetapi soal kebersihan toilet dan mushala ini saya tidak tahu karena saya memang tidak ‘mampir’ ke dua tempat yang sangat vital tersebut.

Bagi berminat ke Pantai Air Manis, semoga postingan ini cukup memberikan informasi yang dibutuhkan.

Advertisements

2 thoughts on “Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang

  1. Pingback: Cara Menuju Batu Malin Kundang di Pantai air Manis | Firsty Chrysant

  2. Pingback: Awalnya Mau ke Bali atau Padang, Tapi Nemplok di Negeri Singa | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s