LEBARAN KEDUA TANPA NENEK ~ Catatan Mudik Lebaran 2013

Lebaran adalah moment yang paling pas buat ngumpul bagi setiap keluarga. Apalagi bagi orang yang tinggal sendirian di rantau, kaya aku. Apa dan bagaimanapun yang namanya lebaran kudu pulang. Karena puasa dan lebaran sekali setaon doang masa ga bela-belain pulang? Kebangetan mah namanya. Itu sih menurut pendapat gue.

Ada duit ga ada duit kudu pulang, yang penting ada ongkos pulang pergi udah cukup dah. Yang penting bokap nyokap, sodara dan ponakan kandung udah dibawain oleh-oleh lebaran yang yang kwalitasnya lumayan baguslah. Soal ada te ha er buat ponakan-ponakan jauh dan sepupu itu urusan yang ke lima belas dah, hehehe.

Kalo ada dikasih kalo ga ada ya kasih senyum aja daahh… Yang penting bagu gue pulang dulu. Soalnya kalo ga pulang pulang bokap suka bilang gini, “mau diongkosin pulangnya?” jiieehhhh masa pulang sekali setaon harus bokap lagi yang nanggung???

Dan yang bikin gue sedih lebaran kemaren adalah itu lebaran pertama gue dan keluarga gue tanpa nenek gue… Huhu… sedih banget. nenek gue sudah berpulang akhir tahun kemarin, tepatnya hari terakhir tahun 2011 tanpa sakit apapun. Insya Allah beliau pergi dengan husnul khatimah, karena ketika saat hendak ‘pergi’ beliau bilang pusing dan ingin istirahat ‘tidur’ sebentar dan ngucapin sendiri syahadat sebelum ‘tidur.’ Alhamdulilah ada bokap dan nyokap serta adikku yang melepas kepergian nenekku.

Pas pulang kemaren, yang pertama kali gue liat di rumah adalah kursi tempat nenek gue biasa duduk. Biasanya setiap gue pulang gue selalu cium tangannya di kursi itu, kecuali kalo gue nyampe rumahnya udah larut malam dan nenek sudah tidur. Nenek selalu bilang kaya gini selama bebrapa kali lebaran ini, “Alhamdulillah Nak, lebaran juga akhirnya. Nenek udah tua, entah puasa atau lebaran besok masih ada nenek…” *sediihhh gueee, pengen nangis*

Setiap kali pulang hampir tiap hari (apalagi kalau hari-hari seabis lebaran) nenek gue minta gue ngga usah lagi balik ke Jakarta dan biar gue tetap di rumah aja. Selalu gitu, dan bilang beliau sudah tua dan umur beliau udah pendek, jadi gue di rumah aja. *adduhh asli pengen nangis gue nih*

Dan biasanya lagi, kalau gue tidur abis shalat subuh dan bangun sekitar jam tujuh, nenek gue sering sudah duduk di pinggir kasur dan bersandar ke dinding sambil baca-baca buku. Ntar suka bilang gini, “Udah bangun, Nak…” dan ujung-ujungnya lagi selalu ingetin atau minta gue ngga usah balik lagi ke Jakarta….

Oya, biasanya lagi setiap kali gue pamit hendak balik ke Jakarta, pas gue cium beliau selalu aja nenek gue yang ngomong minta maaf karena khawatir umurnya pendek dan nggak ketemu ramadhan dan lebaran lagi tahun depan… Sedih banget kan gue dengarnya…

Lebaran 2012 dan 2013 kemaren, udah ngga ada lagi nenek gue yang duduk di kursi coklat. Udah ngga ada lagi nenek gue yang suka duduk di pinggir kasur di kamar gue dan udah nggak ada lagi nenek gue yang selalu minta gue tetap di kampung biar selalu bersama keluarga. Karena beliau sudah berpulang ke pangkuanNya. Dan Insya Allah husnul khatimah… Aminnn…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s