Batalin Puasa atau Buka Puasa?

Dulu, awal-awal puasa waktu pertama kali atau kedua kalinya puasa di Jakarta aku suka kaget dengan pertanyaan kaya dini, “Udah batalin blom puasanya Firs?” tanya orang kepadaku. Ditanya kaya gitu aku agak heran. Lah dia tau kok aku nggak batalin puasa dan malah ini (mau) makan bareng sama dia juga buat berbuka puasa.

Pertanyaan aneh deh…, pikirku… 🙂

“Ngga, ngga batal kok!” jawabku polos dan lugu-lugu ayu (huuuuu…. silahkan bersorak yaaa….xixixi)

“Maksudnya kamu udah buka belum?” tanyanya lagi. Hohoho… jadi maksud pertanyaannya udah buka ato belum ya, tapi kok nanyanya udah batalin belum sih…?

“Barusan udah minum teh anget!” jawabku lagi-lagi polos dan lugu-lugu ayu.

Tatapi pertanyaan kenapa “udah batalin puasa” tetap hanya ngegantung di otakku, sampai kemudian besoknya atau besoknya lagi aku ditanyaain pertanyaan yang sama, tapi oleh orang yang beda.

Waktu itu baru nyampe di sanggar tempat aku ikut komunitas kesenian setelah abis magrib. Aku shalat magrib dulu di mesjid yang berada 200 meter sebelum sanggar. Sekalian sekadar berbuka minum air putih di sana.

Pas nyampe sanggar langsung aku ditanyain, “Udah batalin puasa lo belum?”

Oaalaaah, aku baru nyampe, baru aja ucapin salam, baru aja mereka jawab salamku, baru aja cipika-cipiki, dan belum sempat pantatku menyentuh kursi atau lantai kok mereka nanyanya aku udah batal puasa atau belum yaaaa????

Itu big question yang nempel gede-gede di jidatku. Iseng banget nih pertanyaan. Kenapa selalu pada nanya Udah batalin puasa blum? Emang pada pengen batalin puasa yaaaa. Nah yang nanya ngga cuma teman yang cewek tapi juga teman yang cowok… laaahhh piye ikiii…

“Belum ada yang batal aku!” jawabku santai.

“Eh dudul, lo tuh udah buka apa blom?” tanya salah seorang gemas. Hiikksss dikatain dudul… *mewek*

“Udah Mas, baru minum air doang siihh!” jawabku nyengir.

“Itu dia yang gue tanya!” sambung dia lagi.

Oaalaaaahhhh…. Baru deh aye ngerti dengan pertanyaan ‘udah batalin buka blom’ hihihihi… dasar koplaaakkk… Ternyata orang Jakarta kalau mo bilang buka bilanginnya ‘batalin puasa’, hehehe

Naaaahh… yang pertanyaan aku adalah apakah sama arti “batalin puasa’ dengan ‘buka puasa?’ *bukaa kamuuus* iseng banget nih gueee…

Oke, sekarang kita liat makna batal yaaa… menurut KKBI, batal artinya adalah tidak jadi. Kalau tadi kita ingin melakukan sesuatu, maka apabila kita membatalkannya, berarti kita tidak jadi melakukan apa yang kita inginkan tersebut. Jadi kalau kita membatalkan puasa artinya kita tidak jadi puasa.

Betul…betul…betuuuuuul *upin ipin mode.on…. 🙂

Dalam kasus membatalkan puasa, apa yang menjadi penyebab puasa kita batal? Ini dia (guglinggggg):

  1. Makan dan minum disengaja saat berpuasa.
  2. Memasukkan sesuatu pada mulut dengan sengaja.
  3. Muntah dengan disengaja.
  4. Datang menstruasi bagi wanita.
  5. Keluar mani bagi pria.
  6. Berhubungan badan atau bersenggama.

Naahh, bagaimana dengan buka puasa? Menurut KBBI lagi, buka adalah makan atau minum setelah berpuasa. Jadi makan atau minum setelah beduk maghrib berbunyi namanya BERBUKA PUASA, bukan membatalkan puasa. Kalao puasa sampai magrib berarti udah puasa pol yaaa ….bukan mbatalin puasa.

Hehehe… itulah bahasa percakapan, seringkali beda makna dnegan bahasa yang baik dan benarr *lagian ngapain juga aku mostingin ini yaaa…^^

18 Juli 2013

Firsty

Advertisements

12 comments

    • Kalao di Jakarta sering banget dengar pertanyaan seperti itu. Nggak cuma pertanyaan sih, tapi kalao misalnya kita belum buka, ada yang nyaranin buka dulu, seringkali ngomongnya gini “udah sana, batalin dulu puasanya,

      kocakkk hehehe….

  1. Sering saya juga mendengar pertanyaan seperti itu.
    Bagi saya, mereka yang bilang” Udah batalin puasanya belom?” … itu pertanda tidak ikhlas puasanya. Baginya… berpuasa hanya semata-mata menggugurkan kewajiban.
    Jangan ikut-ikutan lho ya 🙂

    • Mas Iwan juga sering dengar pertanyaan kaya gitu yaaa…? Hehe… awalnya aneh aja dengarnya, udah puasa pol kok ‘dibatalin’. dibatalin apanya coba, hehe..

      Insya Allah nggak ikut-ikutan. Sayang amat udah puasa seharian tapi hanya sekadar menggugurkan kewajiban kan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s