Edisi Bataliin Puasa Pertama

Teman-teman udah ada yang batalin puasa? Baru aja 3 hari puasa kok ya udah ngomongin batalin puasa yaaakkk… hehehe. Aku udah dong udah batalin…. Laaahhh piye iki… batalin puasa kok bangga sih…??? Dasar ngga niat nih puasa…^^

Jadi, ceritanya gini. Kemarin pas Senin rebut-ribut soal penetapan hari pertama puasa di tipi, aku tuh udah mutusin puasa hari Selasa aja. Alasannya sih simpel aja, nyokap bokap juga puasa hari Selasa, hehehe. Sesimpel itu aja kok. Sama seperti tahun kemarin, di kos yang puasa duluan juga aku sendiri, teman-teman kos yang lain pada puasa hari berikutnya, sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Aku nyetel jam untuk bangun sahur jam 3.45. 45 menit sebelum imsyak cukuplah buatku untuk shalat sunah dan sahur. Biasanya sih… Tapi ujuk-ujuk bangun jam 3.45, aku malah bangunnya 20 menit sebelum imsyak, hehehe. Yo wis lah, cuci muka, wudhuk. Mikir juga, kasian banget sahur ngga ada yang bisa di makan. Paling sahuran hanya dengan segelas susu aja.

Eitss… ada masalah. Baru inget colokan lagi rusak, ngga bisa myalain dispenser ataopun pemanas air yang biasa digunakan buat masak mi. Ya udahlah, berarti sahur sama air putih aja dong… Tapi ntar aja pas udah shalat sunah.

Tapi ternyata oh ternyata lagi, belum selesai shalat sunah 2 rakaat yang kedua, azan di mesjid sudah berkumandang, waktus shubuh sudah masuk. Jadilah aku berpuasa tanpa sahuran dulu, walaupun cuma setetes air hehe…

Okelah, ngga apa-apa kok, taon kemarin juga ngga sahuran pas puasa pertama, karena telat bangunnya. Tapi tahunn kemarin Alhamdulillah puasa selamt sampe maghrib walopun badan lemesnya minta ampun. Kenapa? Karena aku selama ini selalu sahur makan nasi selama puasa. Sesekali aja puasa ngga pake sahur, itupun sanggupnya karena momennya bulan puasa.

Bagaimana kalo puasa sunah puasa tanpa sahur? Oh noo…. Langsung tepar aku sekitar jam 2-an karena emang punya riwayat penyakit mag yang parah. Mag yang bikin gue harus teratur makan nasi 3 kali sehari. Harus makan nasi walo sedikit. Baru 2 bulan ini belajar gantiin nasi sama quaqer oats untuk sarapan dan makan malam.

Paginya sekitar jam 9-an masalah datang, badan gue lemeeeesss banget. Jantung berdetak agak kencang, dan badan gue mulai berasa gemetaran. Waddduuuhhh…. Gawat ini. Jangan-jangan gara-gara gue ga sahur yaaa…? Usut-punya usut dan pikir punya pikir, baru ingaet kalau kemarin pagi sarapanku pake quaqer oats doang dan siangnya makan nasi. Sorenya cuma makan sayuran sekitar jam 5. Abis itu Cuma minum air putih setengah gelas doing malamnya. Panteesss sekarang gue lemes banget, pikir gue.

Gue mikir lanjut puasa ato ga…? Kalo lanjut puasa, ini baru jam 9 aja udah segini lemesnya… gimana ntar siang ke sore? Kalo gue lanjutin puasa, ntar makin lemes dan dan gemetaran gimana? Dan yang lebih parah, kalo muntah gimana? O tidaakkkk, jangan sampe gue muntah aja. Kalo udah muntah, bisa tepar 2 – 3 hari gue. Karena gue sangat tau dengan kondisi perut gue, gue akhirnya memilih membatalkan puasa gue jam 9, hikksss…

Dulu pernah kejadian kaya gini juga, lagi puasa sunah, pake sahur sih, tapi badanku gemetaran jam 3 sore tapi karena merasa sayang udah sore, gue maksain lanjutin puasa. Jam 5 perut gue bergolak dan oeekkk…, muntah! Kalau udah muntah dalam sejam bisa 3 – 4 kali. Dan dalam sehari bisa 20 an kali, hiiiii… sereeemmm. Sampai yang keluar dari lambung itu cairan yang paling pahit sepahit-pahitnya (ngebayinginnya aja gue bergidik nih). Akibatnya, gue tepar seminggu, hahaha…..

Takut kejadian sama terulang lagi, gue segera bikin teh anget dan minum pelan-pelan sedikit demi sedikit. Karena kalau langsung banyak bisa langsung ‘nolak’ perut gue.

10 menit setelah minum teh, tenaga gue langsung pulih lagi, badan lemes dan gemetaran langsung ilang, hehehe… Parah banget ya perut guee… Ini akibat dulu jaman kuliah sering di umpan mi instan iniiih… Perut jadi labil deh sampe sekarang…

Untung juga ada kloter kedua mulai puasa Ramadhan. Jadinya ikut jadwal pemerintah aja deh…. padahal semalem udah tarawehan loh sendirian di kamar……xixixixi… *pissssss…. 

(paling nggak langsung diitung utang puasa dehhh…^^)

 Ampuni aku Ya Allah karena Engkau adalah Sang Maha Pengampun*

Advertisements

4 thoughts on “Edisi Bataliin Puasa Pertama

  1. diatur aja firsty.. mogamoga lancar ya puasanya..
    ku dulu di kost kalu puasa, berbuka teh anget, makan buah, taraweh, baru deh makan biskuit dan nasi, seblom tidur minum susu.. bangun sahur cuma makan buah loh dan makan roti.. jarang makan nasi kalu sahur.. dulu juga maag, sekarang sih atur makan.. banyakin aja biskuit dan buah di rumah kan ga perlu dimasak dulu.. kalu mo hangat minta sama ibu kost termos deh buat teh hangat.. jangan minum kopi dan soda selama puasa, apalagi gorengan..

    • Iya Mba… Alhamdulillah dalam 2 tahun ini makanku sudah sangat teratur 3 kali sehari. Dan sangat disiplin untuk nggak minum minuman bersoda. Tetapi Dulu dalam 4 atau 5 bulan pasti ada teparnya selama seminggu gegara makan ngga teratur, hehe.

      Sekarang juga udah belajar mengganti nasi dengan quaqer oat, hayyaaahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s