Kapan Ya Kita Mulai Puasa Ramadhan…?

Lagi bingung nih, kaya tahun kemaren, gga tau kapan mulai puasa.Ada yang bilang kita mulainya hari selasa, tanggal 9 Juli tapi ada juga yang bilang hari rabu. Dan Alhamdulillah sih organisasi Islam Muhammadiyah yang beberapa tahun belakangan beda pendapat dengan pemerintah, katanya sepakat soal kapan mulainya Ramadhan ya…? Mudah-mudahan ngga ada lagi lebaran yang tertunda kaya tahun kemarin, hehehe

Tapi pagi sehabis shubuh tadi, aku kebetulan liat bulan yang tinggal sepenggalan menggantung di awan. Bulan sabit yang benar-bener tinggal sepotong (menurut aku yang awam lohhh). Karena yang tersia hanya sepotong bulan sabit aku jadi berpikir, “mungkin ntar malam masih terlihat bulannya, tapi besok malam (tanggal 6) kayanya bisa jadi aja udah nggak terlihat lagi. Kalo udah nggak terlihat Jumat malam, bisa jadi tanggal 7 ato tgl 8 sudah bulan baru kan…? Jadi ada kemungkinan juga puasa maju sehari dari tanggal 9 bukan?

Entahlah aku juga nggak tau karena aku juga memang nggak tahu apa-apa tentang apa itu hisab, apa itu rukyat. Tapi setidaknya tau bahwa puasa dimulai pada saat bulan terlihat setelah bulan mati (salah satu fase bulan). Daann tadi hanya pikiran yang selintas aja pas liat bulan. Jadi, mareee kita tunggu aja ahli hisab ‘beradu’ pendapat lagi ya…

Cideng, 4 Juli 2013

Firsty

Advertisements

11 thoughts on “Kapan Ya Kita Mulai Puasa Ramadhan…?

  1. daku ga pernah bingung kapan puasa.. lihat apa pengumuman pemerintah, begitupun kapan lebaran.. yang lain mo lebaran beda sama pemerintah juga ga usah bingung, jalanin aja..
    selamat ramadhan ya.. maaf lahir batin..

    • Emang sih Mba Tin, ikut pemerintah seharusnya. Tapi pemerintah kita lemot gitu… Masa taon kemarin kalo ga salah udah purnama puncak sebelum 14 hari setelah lebaran… Itu artinya kemungkinan lebaran kita bukan tanggal 1 syawal…

    • Maaf bukannya sok tau,tp klu ikutin pemerintah puasa tgl 10,telat 1 hari puasanya,sy bukan Muhammadiyah,tp menurut hitungan bulan,qta puasa tgl 9,yg jadi pertanyaan sy,apa dasar pemerintah nentuin puasa tgl 10?mreka ngitungnya pake apa,itu yang jadi pertanyaan,klu qta telat puasa gara2 pemerintah, qta yang tanggung dosanya karena qta yang memilih tuk ikut pemerintah, jd (maaf) klu nanti pemerintah masuk neraka, berarti qta yang ngikutin dia jg masuk neraka, misalnya klu pemerintah nentuin sholat subuh itu 3 rokaat trus kita ngikutin itu, ya……….. pikir sendiri deh gmn jadinya klu sholat subuh itu 3 rokaat

      • Saya juga memilih tgl 9, karena saya yakin aja, kalo hilal sudah terlihat walaupun kurang dari 2 derajat, ya tetap aja bulan baru udah masuk…

  2. Allah dah memerintahkan kita tuk lakukan sesuatu tu berdasarkan ilmu, memang tidak ada hukum bagi yang tidak tau, tp hukum bagi yang tidak mau mencari tau
    Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s