Pemandian Air Panas Sari Ater Ciater Subang ~ Trip Bandung Ciater Subang Jawa Barat

Ciater

Oke, teman-teman, pada postingan sebelumnya ini dan ini, aku udah cerita tentang perjalanan ke Kawah ratu Tangkuban Perahu dan makan siang di Kampung Tahu Ciater. Naah sekarang saatnya daku mendongengkan tujuan jalan-jalan berikutnya.

Yuuup… berikutnya adalah Pemandian Air Panas Sari Ater Ciater.

Pemandian aair panas ini tidak begitu jauh dari tempat makan siang kami. Kira-kira nggak nyampai 10 menit dari rumah makan arah ke Gunung Tangkuban Perahu, ada pertigaan yang yang menuju pemandian air panas ini. Berarti kalau dari arah Tangkuban Perahu belok ke kanan dong yaaa…

Dari perapatan tersebut, kalao nggal salah juga kira-kira 10 menit, kita udah nyampe di pemandian Sari Ater. Rupanya pemandian ini sangat ramai pengunjung. Parkirannya penuh sesak oleh mobil dan bus-bus besar. Dan sebagaian dari mobil dan bus tersebut ber-plat B, hehe.

Narsis-narsisan dulu dulu sebelum pulang euy
Narsis-narsisan dulu dulu sebelum pulang euy

Dan aku juga baru tau kalau di sana ngga cuma tersedia pemandian air panas aja, tetapi banyak lagi sarana rekreasi lainnya. Serperti, tea walk, paint ball games, gokart/ATV, off road, outbond. Begitu nyampe di sana ada yang ingin flying fox, ada yang ingin berenang di kolam renang biasa aja, dan juga ada yang ingin berenang di kolam renang yang ada perosotan spiralnya.

Tapi karena sudah mulai sore (kira-kira jam 3 an), dan liat harga tiketnya juga (hehe) akhirnya kita memilih kolam renang biasa yang harga tiketnya Rp.21.000. Lumayan lah. Lumayan mahal juga sih, hehehe. Tapi karena kita udah rencanain mandi, ya ngga papa tho? Sesekali ini… ^_^

Hanya saja Eva dan Mba Ipa memilih ngga ikut berenang karena dari awal emang ngga niat berenang. Jadi mereka bisa keliling-keliling di arena lainnya. Oya, di luar kolam renang juga disediakan tempat untuk relaksasi, berendam kaki bagi pengunjung yang kelelahan, tapi ngga mau mandi di kolam renang. Airnya lumayan hangat, bikin kaki nyaman lohh.

Di dalam kawasan kolam renang terdapat dua kolam. Satu untuk pengunjung dewasa, satu lagi untuk pengunjung anak-anak, bahkan bisa untuk anak-anak balita juga. Pada saat itu pengunjung kolam ternyata ngga terlalu rame juga. Banyak diantara mereka hanya sekadar duduk-duduk aja di pinggir kolam renang. Mungkin karena matahari masih terasa ‘garang’ kali ya, jadi kurang nyaman juga berendam di air panas.

Daann ternyata Mba Ana dan Mba Leli jago berenang. Hebat banget. Selain jago berenang mereka ngga terlalu lama untuk beradaptasi dengan air panas tersebut. Kalo aku butuh setengah jam lebih sekadar duduk-duduk doing dan berendam kaki di pinggirnya. Itu aja masih berasa pusing ketika nyoba benamin kepala ke dalam air.

Lama juga loh, kita beranang di sana. 2,5 jam lebih kayanya ada deh. Karena pas keluar dari sana udah mau gelap.

Oya, berenang di air panas ini bener-bener bikin badan jadi enak. Bayangin aja, tadinya di Gunung tangkuban Perahu, badan rasanya rontok manjat-manjat bukit. Karena jarang olah raga kali ya, kaki jadi pegel banget dan keram. Udah kebayang aja tuh, ntar malam pas tidur kaki pasti cenat-cenut. Eh, mungkin karena berendam lama di kolam air panas, semua pegal-pegal yang bkin badan ngga enak jadi ilang sama sekali. Emang benar juga dong ya ya, mandi di air panas pegunungan bikin badan jadi segar… ^_^

Sekadar informasi tambahan aja, air panas di kolam pemandian air panas Sari Ater ini merupakan air panas alami yang berasal dari Gunung Tangkuban Parahu. Berbagai zat-zat yang sangat bagus bagi tubuh terkandung di dalam air ini, sehingga sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s