Chogajib (초가집) ~ Thatced Roof House : Rumah Atap Jerami Korea

gambar dari google

gambar dari google

Chogajib (초가집) merupakan salah satu jenis rumah tradisional Korea atau hanok. Chogajib memiliki atap berupa jerami, ilalang atau daun-daunan. Tetapi yang paling banyak digunakan adalah jerami karena jerami banyak tersedia di sana. Selain itu jerami berfungsi menjaga rumah tetap hangat di musim dingan dan sejuk di musim panas. Rumah ini biasanya dimiliki oleh rakyat biasa.

Dinding rumah chogajib (초가집) ini terbuat dari tanah dan dipagari oleh batu-batuan. Di Korea bagian utara yang lebih dingin atap jeram dibuat lebih tebal dan bagian pinggirnya dibuat menggantug leih rendah. Sementara di Korea bagian tengah atau selatan yang lebih hangat, atap dibuat agak lebih tipis daripada di Korea bagian utara.

Jenis rumah ini masih banyak terdapat di perkampungan tradisional Korea. Rumah-rumah ini banyak dijadikan sebagai wisata budaya dan juga sebagai tempat lokasi syuting drama klasik korea. Perkampungan tradisional korea yang menggunakan jerami sebagai atapnya adalah perkampungan naganeupseong di Jeolla Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s