Neowajib (너와집) ~ Shingle Roof House : Rumah Tradisional Korea Beratap kayu

gambar dari google

gambar dari google

Neowajib/nôwajib (너와집) adalah salah satu jenis rumah tradisional negara Korea atau hanok (한옥). Neowajib/nôwajib (너와집) ini adalah rumah yang beratap beratap sirap atau atap yang terbuat dari potongan-potongan kayu. Di Korea kayu yang digunakan sebagai atap rumah ini adalah kayu pinus merah yang sudah berumur lebih dari 200 tahun. Ukuran potongan-potongan kayu ini adalah 30 cm x 60 cm dan ketebalan 4 cm atau 5 cm.

Potongan-potongan kayu ini disusun dan kemudian dihimpit dengan batu atau kayu pada bagian atasnya. Keuntungan menggunakan atap dari potongan kayu ini adalah udara di dalam rumah tetap hangat pada saat musim dingin dan pada saat musim panas udara di dalam rumah tetap segar. Rumah model ini dulunya banyak terdapat di pegunungan Korea bagian tengah.

Di Indonesia konon rumah yang menggunakan kayu usebagai atap adalah rumah tradisional yang ada di Kalimantan. Kayu yang digunakan adalah kayu ulin walaupun sekarang masyarakat san sudah mulai meninggalkan penggunaan atap dari kayu sebagai atap.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s