한국어를 공부합시다!! Belajar Bahasa Korea, yuks…^^ : Cara Mudah Belajar Bahasa Korea : 한글 ~ Huruf Korea (Korean Alhabet)

한국어를 공부합시다!! Belajar Bahasa Korea, yuks…^^ : Cara Mudah Belajar Bahasa Korea : 한글 ~ Huruf Korea (Korean Alhabet)

한글 (hangeul) atau aksara atau huruf Korea terdiri dari 10 buah vokal tunggal, 11 buah huruf vokal gabungan, 14 buah huruf konsonan dan 5 buah huruf konsonan ganda.

•    Huruf Vokal Tunggal (모음)

Bentuk huruf   Nama huruf    Lafal bunyi    Contoh Bunyi
       ㅏ                아 (a)              a                Ayah
       ㅑ                야 (ya)            ya               Surabaya
       ㅓ                어 (ô)              ô                Melon
       ㅕ                여 (yô)            yô              Yogurt
       ㅗ                오 (o)              o               Orang
       ㅛ                요 (yo)            yo              Yoga
       ㅜ                우 (u)               u               Ibu
       ㅠ                유 (yu)             yu              Kayu
       ㅡ                으 (e)               e              Teman
       ㅣ                이 (i)                i               Ubi


ㅓ  →     Ô  : Dibaca dengan bunyi antara a dan o.
ㅗ  →     O  : Dibaca dengan o biasa.

    
•    Huruf Vokal Gabungan (복모음)

Huruf Vokal Gabungan adalah dua atau tiga huruf vokal yang digabung menjadi satu huruf vokal baru.

Penggabungan       Nama Huruf   Lafal Bunyi    Contoh Bunyi
ㅏ  +  ㅣ  →  ㅐ         애 (é)                é              Gate (Inggris)
ㅑ  +  ㅣ  →  ㅒ         얘 (yé)              yé             Yél-yél
ㅓ  +  ㅣ  →  ㅔ         에 (ē)                ē              Ēmbēr
ㅕ  +  ㅣ  →  ㅖ         예 (yē)              yē             Rempēyēk
ㅗ  +  ㅏ  →  ㅘ         와 (wa)             wa            Jawa
ㅗ  +  ㅐ  →  ㅙ         왜 (wé)             wé            Wésél
ㅗ  +  ㅣ  →  ㅚ         외 (woē)          woē           Dwoēnjang cigē
ㅜ  +  ㅓ  →  ㅝ         워 (wo)             wo            Legowo
ㅜ  +  ㅔ  →  ㅞ         웨 (wē)             wē            Wēdang
ㅜ  +  ㅣ  →  ㅟ         위 (wi)              wi             Pertiwi
ㅡ  +  ㅣ  →  ㅢ         의 (ei)               ei              Euis (Sunda)

Ket : Dalam percakapan, bunyi huruf 애/é dan 에/e  hampir sama atau mirip.


    Huruf Konsonan Tunggal (자음)

Bentuk Huruf     Nama Huruf            Bunyi di (Awal/Akhir)

       ㄱ            기역 : giyôk (g/k)        가다 (ga-da) / 약 (yak)
       ㄴ            니은 : nien (n)             나라 (na-ra) / 인사 (in-sa)
       ㄷ            디귿 : diget (d/t)        다음 (daem) / 낟 (nat)
       ㄹ            리을 : riel (r/l)            라면 (ramyôn) / 하늘 (ha-nel)
       ㅁ            미음 : miem (m)          마음 (ma-em)
       ㅂ            비읍 : bieb (b/b)         방 (bang) / 밥 (bab)
       ㅅ            시옷 : siot (s/t)           사다 (sa-da) / 다섯 / da-sôt
       ㅇ            이응 : ieng (ng)           형 (hyông) → akhir suku kata
       ㅈ            지읏 : jiet (j/t)           자다 (ja-da) / 낮잠 (nat-cam)
       ㅊ            치읓 : chiet (ch/t)       처음 (cho-em) / 꽃 (kot)
       ㅋ            키읔 : khiek (kh/k)      카누 (kha-nu), 부엌 / buôk
       ㅌ            티읕 : thiet (th/t)        타래 (tha-ré), 끝 / ket
       ㅍ            피읖 : phiep (ph/p)     포도 (pho-do), 옆 (yop)
       ㅎ            히읗 : hiet (h/h/t)       하늘 (ha-nel), 좋다 (jot-da)

Keterangan:
Dalam percakapan sehari-hari masyarakat Korea, pengucapan huruf ㄱ, ㅂ,ㄷ, ㅈ dan adalah :

  • Bunyi huruf ㄱ di awal kata, terdengar berbunyi antara bunyi huruf g dan huruf k.
  • Bunyi huruf ㅂ di awal kata, terdengar berbunyi antara bunyi huruf b dan huruf p.
  • Bunyi huruf ㄷ di awal kata, terdengar berbunyi antara bunyi huruf d dan huruf t.
  • Bunyi huruf ㅈ di awal kata, terdengar berbunyi antara bunyi huruf j dan huruf c.


•    Huruf Konsonan Ganda (겹자음)

Bentuk Huruf        Nama Huruf               Contoh Bunyi
       ㄲ            쌍기역: ssang-giyôk (k)      꽃 (kot) /, 밖 / bak
       ㄸ            쌍디귿: ssang-diget (t)       떡 (tok)
       ㅃ            쌍비읍: ssang-bieb (p)       빵 (pang),
       ㅆ            쌍시옷: ssang-siot (ss)        싸다 (ssada), 있다 (it-da)
       ㅉ            쌍지읒: ssang-jiet (c)         짜다 (cada), 걸쭉하다()


•    Huruf Konsonan Pada Akhir Suku Kata

Bentuk huruf ini adalah huruf konsonan rangkap yang ada di akhir suku kata yang terletak di bawah suku kata.

Bentuk Huruf    Nama Huruf       Contoh Bunyi
        ㄳ                     k               몫 / mok
        ㄵ                     n               앉다 an-da
        ㄶ                     n               많아요 /man-a-yo
        ㄺ                     k               흙 / hek
        ㄻ                     m              삶다 / sam-da
        ㄼ                     l                여덟 / yô-dôl
        ㄽ                     l                외곬 / woē-gol
        ㄾ                     l                핥다 / hal-da
        ㄿ                     p               읊다 / ep-da
        ㅀ                     l                잃다 / il-da
        ㅄ                     p               없다 / ôp-da

NB : Untuk yang berakhiran “da” ditulis sesuai hurufnya, belum mengikuti perubahan bunyi.

한국어 공부하기가 쉽습니다 (Hangugo gongbuhagiga swibsemnida / Belajar Bahasa Korea gampang.

Selamat Belajar ya…^_^

Firsty

firsty.chrysant@gmail.com


Advertisements

38 thoughts on “한국어를 공부합시다!! Belajar Bahasa Korea, yuks…^^ : Cara Mudah Belajar Bahasa Korea : 한글 ~ Huruf Korea (Korean Alhabet)

  1. 10 buah vokal tunggal, 11 buah vokal gabungan, 14 buah konsonan dan 5 buah konsonan ganda.

    >>> jadi tinggal hafalin ini ya.. baru mo bilang kapan mo diajain hangeul.. ternyata ada beda o dan ao.. :p

    bener tuh kata m.julie, di set for contact.. ngeselin kalu di copas tanpa ijin.. mending dia kasih sumbernya kalu ga tahu cara minta ijin..

  2. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ 1 과 : 문자 (PELAJARAN 1 : ABJAD) | Firsty Chrysant

  3. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ : Learn Indonesian Language For Korean People | Firsty Chrysant

  4. Pingback: Restoran Korea ~ Daebak Fan Resto Margonda Depok | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Mimpi Apa Aku Sampai Harus Ngeliat Cowok Bugil????? *Arrrrrggggg | Firsty Chrysant

  7. Pingback: Mau Mandi Susu? NO WAY…!!! Kapok Gue!!! | Firsty Chrysant

  8. Pingback: Gini Nih Kalo Ga Punya Malu : Nyante Aje Bugil di Depan Orang Lain…:( | Firsty Chrysant

  9. Pingback: Halan Halan ke Kebun Raya Cibodas Puncak | Firsty Chrysant

  10. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  11. Pingback: Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^ | Firsty Chrysant

  12. Pingback: SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s