Ganjal Mata pake Tusuk Gigi..~~

Ganjal Mata pake Tusuk Gigi.

Sebagai orang yang tinggal di kos, bukan bersama orangtua, bisa dibilang kita (yang merasa anak kos atau pernah kos) bebas menggunakan waktu luang atau waktu kosong untuk melakukan apa aja. Kadang-kadang mau ataupun nggak mau kita mempunyai kebiasaan yang nggak akan kita temui kalau kita tinggal bareng orangtua, meskipun sebenarnya kita tidak menginginkan melakukan kebiasaan tersebut.

Salah satu contoh adalah, tidur lagi sehabis shalat subuh. Di rumah ini adalah hal yang sangat tabu dilakukan karena sehabis shalat subuh aktifitas di rumah sudah menunggu. Mau coba-coba tidur lagi gue seabis shalat Subuh? Bisa-bisa diseret ke tiang gantungan gue ma bokap dah… hehehe *lebay*

Di kos, walaupun sebenarnya aku juga ngga mau tidur lagi seabis shalat shubuh, tapi situasinya berbeda, sangat mendukung untuk tidur lagi. Masih gelap, masih sepi, bau kasur kok berasa enaaakkk banget. Apalagi kalo berangkat kerja jam setengah sembilan… atau malah siang dan sore aja. Waahh enak banget tuh yang namanya tidur lagi seabis shalat subuh. So, ambil bantal, tarik selimut dan zzzzzzz…. bobo maning….^__^

Rejeki jauh kalau tidur lagi abis shalat subuh, atau rejeki ntar dipatok ayam, kata orang-orang! Ato, ga sehat tidur abis subuh karena akan membuat calsium di tubuh akan larut dan hanyut saat lagi buang air kecil. Laahhh…. Aku juga maunya ga tidur tapi teteuuppp aja ketiduran gimana dunkkk. Mataku ngga bisa diajak kompromi untuk ngga tidur.

Tapi sebagai orang yang ingin berubah menjadi lebih baik dan mengisi hari-hariku denga kreatifitas (jieehh lebay) aku benar-benar berusaha untuk ngga tidur seabis shalat Subuh. Ini tips-tips yang udah aku coba lakukan :

1.    Ngaji alias baca Qur’an.

Ngaji abis shalat subuh? Yoi, Oke, baiklah kaka, aku coba deh menjadi seorang hamba yang selalu menghiasi bibir dengan bacaan Kalam Ilahi… Jieehhh. Pertama yang dibaca adalah bacaan ta’awudz dong yah, baru basmalah, dan baru ngajinya. Sipplah…


Satu ayat dibaca suksesss dengan selamat. Ayat kedua dibaca kok ya udah mulai burem ya? Ayat ke tiga yang dibaca kok makin burem ya…? Ada apa dan kenapa nihh? Mata kayanya sudah mulai berontak minta tidur lagi barang satu atau dua jam nih.

Benar dah yang namanya setan itu ngga pernah senang pada manusia yang berusaha untuk menyerahkan dirinya beribadah padaNya, selaluuu aja diganggu oleh syaithonirrajim…:( Jadi ketika kita baru aja mulai mulai baca basmalah, salah satu pimpinan setan langsung memanggil pasukannya dan mereka berlomba-lomba menggelantung di bulu mataku biar segera berasa ngantuk.

Masih kuat dan ngga ngantuk? Maka si setan langsung memanggil lagi pasukan lain biar mataku semakin berasa mengantuk… Dua ayat tiga ayat masih belum ngantuk, si setan panggil lagi yang lain biar akunya segera ngantuk. Dan pada akhirannya aku memilih untuk menutup al quran, buka mukena, matikan lampu dan segera loncat ke kasur, tarik selimut dan peluk bantal guling… zzzzzzzzzzzz… Sukses tertidur pulas.
Dengan sukses tips ini gagal total yaa sodara-sodara…

2.    Mandi dan keramas.

Oke, aku coba deh strategi ke dua untuk melawan yang namanya serangan kantuk seabis shalat subuh. Strategi kedua ini adalah mandi dan keramis seabis shalat subuh. Ga pake ‘tunggu bentar dul ah,’ harus langsung mandi seabis shalat jam 5. Lagian asyik kali mandi jam segitu, air ful dan bening banget karena seringkali air ngga mati semalaman dan air trus aja ngucur dan benar2 bersih daahh. Segeerrrr…^__^

Jebar-jebur byurrr, mandi keramas… Rasanya kok enak berendam di bak yaa… Airnya berasa anget soalnya. Tapi mengingat dan menimbang ntar bakal digebukin satu kos, enyahkan saja pikiran ituhhh! Sampoan dua kali, sabunan, dan siraman cukuplah menghabiskan air satu bak besar. Toh masih belum stengah enam, masih bakal penuh sampe ntar jam enam-an, hihihi…

Kelar mandi dan berpakaian, rambut tetap dibungkus handuk biar cepet kering dan.. Nyantai dulu ah sambil selonjoran dan bersandar di bagian kepala tempat tidur. Nyamaannn banget… abis badan udah seger sihhh… Tapi kok mata berasa ngantuk ya…? Ah pejamin mata 2 atao 3 menitan aahh… Lantas matiin lampu dan rebahan bentar. Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz… bobo bentar aahh… Tiba-tiba terbangun dan liat jam di hp… Whaaattttt….. Aku tertidur 2 jaammm????

Dan tip ke dua ini juga sukses mengalamin kegagalan seperti yang pertama… (kok sukses gagal siyy??)


3.    Olah raga alias lari pagi.

Sekarang ganti tips deh karena dua tips diatas terntaya ngga benar-benar efektif mengusir kantuk  seabis shalat subuh. Oke, aku coba tip ke tiga yaitu : lari pagi di kompleks sebelah. Lumayanlah jalan cepat enam kali bolak balik menghabiskan waktu setengah jam. Kalo enam kali bolak balik lumayanlah udah jalan cepat sekitar satu setengah kilo ato dua kilo. Jieehhh… pulang daaah.

Nyampe kos baru jam 6, trus mo ngapain yaa…? Oya, nunggu matahari aja deh biar bisa mandi cahaya pagi… Kan sehat tuhh…:) Tapi baru bentar duduk di bangku sambil nunggu cahaya pagi benar-terang, kok berasa capek yaa? Pengen rebahan bentar dulu dehh. Ya udah segera aja ke kamar… tapiiii cuci kaki duluuu… soalnya kalo udah keluar dari pintu atau turun dari teras, sebelum naik ke lantai atas aku wajiibb yang namanya cuci kaki. Kalo nggak berasa gimanaa gitu, aneh… kamar berasa jadi kotor banget (padahal udah kotor juga, hehehe).

Dan karena blom ganti baju seabis olahraga, maka pantang bagiku rebahan di kasur. Mau ngga mau rebahannya di lantai. Tarik bantal rebahan deh…. Dan pada akhirannya daya mata tersisa cuma 2 watt doang sehingga tanpa perlawanan, daku kembali sukse tertidur hehehe.

4.    Baca buku.

Baguss… ini adalah ide yang sangat brilian. Karena aku alau sudah baca biasanya bakal melek terus, meskipun bacanya udah jam tidur, semisal jam 11-an. Tapi yang jadi masalah adalah aku ngga selalu tersedia buku bacaan, jadi opsi ini hanya berlaku kalau ada bacaan aja yaaahhh…^__^

5.    Ngetik, asal jangan internetan.

Tiga cara udah gagal, so what must I do? Bingung punya bingung nyalain computer aja deh. Ngetik bookkk… Yang penting ngetik, ga boleh nyalain internet. Karena kalo internetan sebenarnya itu cara jitu biar ga tidur lagi. Walau ngga gitu suka fesbukan dan jarang fb-an, tapi kalo udah buka fb, ngantuk jadi ilang dah. Apalagi kalo ngempian, aku haru bilang ‘wowww’ karena bikin aku benar-benar ngga ngantuk lagi. Hehehe.

Tapi kok akunya berasa nyia-nyiain waktu aja internetan pagi-pagi, jam 5. Rasanya sayang aja waktu pagi digunakan buat internetan. Jadi aku mau nggak mau harus nulis deh… nulis apa aja gitu. Tapi baru aja mulai nulis beberapa baris, pasukan setan langsung berlomba-lomba lagi menggelantung di mataku.. Dan kemudian aku memilih mencium bantal deh…zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz bobo aahhh.

6.    Nonton Drama Korea.

Naahhh, ini adalah salah satu tip buat aku biar ga tidur lagi seabis shalat subuh, tapii… kalau bukan akhir pekan ngga seru aja nonton drama Korea sedari abis subuh gitu. Pokoknya ngga seruuu aja. Kalo akhir pekan ga papa daahhh… jadi….??? Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz….. cium bantal lagi…^__^

7.    Jangan Tidur larut Malam.


Nah, ini mungkin piliha terakhir yang harus aku lakuin, ga tidur kelewat malam. Harus mencoba tidur sebelum jam 11 biar paginya ngga ngantuk lagi seabis shalat subuh. Cuma masalahnya adalah belakangan ini, setahun ini udah terbiasa tidur sekitar jam setengah 12 an, dan kalo ngempi bisa jam 12….*candu asmara ma mp, ahayy…*

Jadi karena setaon ini udah terbiasa tidur agak malam, mau tidur jam sebelum jam sebelas mata ngga ngantu-ngantuk-ee… piye ikeee… Arrrrrrgggg

Trusss… gimana dong caranya biar ngga tidur lagi seabis shalat subuhh?? Masa harus ganjel mata pake tusuk gigi…? Ga lucu kan??? Ide yang ga bagus.


18 thoughts on “Ganjal Mata pake Tusuk Gigi..~~

  1. Paling enak lari pagi di pinggir sungai han, capek dikit ngasoh sambil minum air dingin wkwkwk..

    Jadwalku tiap hr krj, sahur jam 4, mandi, sholat, tidur lagi stngh jam, cuci muka, brkt ke kntr, tidur lg 1 jam di jemputan😀

  2. ku sih terbiasa bobo 5 jam paling lama.. dan terbiasa bangun pagi.. otomatis sih seblom subuh suka bangun seger.. langsung buka PC deh.. sambil masak.. kalu ada yang perlu digosok ya gosok aja, juga baberes rumah.. ga ada setengah jam deh baberes rumah termasuk ngepel.. masak juga ga ada setengah jam.. menunggu subuh itu asik, sambil ngempi.. sekarang sambil sahur.. dan mata ga pengen merem..
    terus jalan kaki bentar sambil gerak badan.. mandi dan ngantor.. gitu dowang..
    biasa bobo jam 10an deh.. sering bangun jam 3an..
    alamiah saja..
    kalu libur dan pengen bobo lama ya bobo saja.. tapi jarang banget ku bobo lama kecuali cape banget..

  3. Wahh mba tin tidurnya jam 10 an dan bangun jam 3? Tidur kaya itutu mah lebih kali mbaa daripada tidur malam jam 11 atau 12 an bangun jam 6 misalnya, walaupun waktu tidur lebih lama….

  4. Kalo puasa pas hari libur, bangunnya paling cepet jam 8, biasanya sih jam 10 siang baru bangun. Biasanya kalo lg ga ngantor kerjaanku di rumah ngunyah (ngemil) karena puasa dialihin ke tidurrr hehe

  5. itu karena terbiasa.. kalu ku tidur jam 11 ato 12.. bangun tetep jam 3an juga.. seblom dibangunin sahur udah bangun duluan.. dan kalu ngantuk di kantor ya tiduuuurrr.. ato di mobil.. ku kalu ngantuk udah otomatis tidur..
    tapi eh kemaren dulu taraweh ku juga tidur.. ga ngerti kotbahnya, padahal pengennya bacabaca, tapi ngantuk, ya monggo tidur saja, sebab ingat kata mama jangan menzolimi mata..😀

  6. Kalo di kos sih bangun sahur ga masalah… Bisalah bangun sendiri… yang masalah justru di rumah kalo bangun sahurr susaahhh banget… anehh… hehehe…

    Tidur di mobil mah hobby aku mbaa… sering kali aku dibangunin ma soir bway.. karena seringnya aku dapet duduk di banku paling depan..wkkkkk

    Pernah ngantuk banget pas lagi shalat tarweh ngga mba, sampe badan udah mau jatuh, hehehe… Semalam jemaah di depan aku kaya gitu… Kasian udah tua dia..

  7. pas lagi salat taraweh ga ngantuk.. iya pernah lihat juga udah goyanggoyang aja badannya.. kagetkaget gitu.. bukan cuma yang tua, yang muda juga.. lucu.. bikin ga ngantuk pemandangan kaya gitu..

  8. Ibuku dulu lebih parah lagi… Mungkin kecapean banget seharian, pas shalat tarweh saking ngantuknya hampir tumbang. Ketiduran sesaat pas lagi berdiri, hehehe. Maklum aja di kampung bacaan imamnya panjang-panjang…. 11 rakaat bisa setengah jam, hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s