Dasarr Plagiatorrr… Nyontek Beberapa Isi Blog Gue Tanpa Ijin…

Dasarr Plagiatorrr… Nyontek Beberapa Isi Blog Gue Tanpa Ijin…

Dulu, kalo nyari-inyari info apapun tentang Korea dalam bahasa Indonesia selalu ditemukan beberapa informasi yang sama persis antara satu blog atau link dengan blog atau link yang lainnyya lainnya. Misal, pas lagi nyari info tentang hanbok gue buka satu link, isinya sama dengan wikipedia atao beberapa link yang gue buka lagi kemudiannya. Entah siapa yang nyontek atau yang dicontekin mollayo-lah alias kaga tau.
 
Gue cuma mikir, aduh ini orang kok ngga kreatif ya, nyontek ngisi blog sendiri dengan isi postingan blog orang lain. Yang nyontek kok ngga malu ya tinggal kopas doang isi blognya dari blog orang lain atau dari wikipedia. Benar-benar nggak menghargai karya cipta meskipun itu hanya sebuah blog… Kasian yang nulis nih, pikirku.

Tapi itu pikiran yang selalu melesat ketika melihat isi blog yang plagiat ini.

Nah, beberapa hari yang lalu, tiba-tiba aja pas lagi searching gue kepengen searched tentang seoye, seni menulis indah atau kaligrafinya Korea dalam bahasa Indonesia. Jiehhh… sekarang udah ada beberapa link tentang seoye rupanya, padahal sebelum gue bikin postingan tentang seoye, cuma wikipedia aja yang menyediakan informasi tentang seoye dalam bahasa Indonesia.

Gue meng-klik salah satu diantara dua yang bukan link firstychrysant, ya iya donkk, masak buka punya sendiri…hehehe. Pas dibuka olala…. walaupun gue ngga ngeklik blog gue sendiri tapi tetap aja gue kaya nge klik blog sendiri yaaa, karena ntu blog yang gue buka ternyata oh ternyata meng-copy paste isi blog guee…. Dan tanpa memberitahukan kalo itu sumbernya di firstychrysan atau minimal ngelink-lah ke firstychrysant… Ini ggak sama sekali!!!

Huaaaa….. Kok tiba-tiba jadi kesal banget yaaaa… *ngadem di kulkas*

Okee, gue balik lagi ke halaman awal dan membuka lagi link yang satunya tentang seoye… Ohhh my God! Lagi-lagi gue ngeliat lagi isi blog gue ada di blog orang… Dan lagi-lagi tanpa link ke gue!

Hwaaaaaaa jadi kesel kwadraaaatttt *ngadem lagi di kulkas*

Trus, gue liat judul-judul postingan yang ada di bagian kanan blog tersebut.. Lohhh kok ya gue punya feeling beberapa isi blog gue pindah pindah juga ke siniiii??? Gue klik satu per satu dan ternta oh ternyata ada 5 biji isi blog gue tentang korea dicopas tanpa seijin gww…

Hallllowwww…. Gue bikin postingan baik tenang corat-coretan ga jelas atao pun postingan tentang korea itu ngga pernah yang namanya copas yaaa… Gue selalu bikin sendiri, dengan format sendiri dan dari berbagai referansinya. Nggak cuma wikipedia atau baca blog orang lain aja refernsinya tapi juga dari buku-buku korea yang gue baca, cerita-cerita dari orang korea yang gue kenalataupun cerita dari seonsengnim gue…!

Gue juga gga marah kok kalau isi blog gue di kopas asal minta ijin gituuu atau minimal bikin link ke gue deh sebagai sumbernya… Gue juga senang kali kalau ada yang tertarik dengan isi blog gue dan share di blog-nya atao dimedia lainnya. Tapi apa salahnya sih minta ijin, atau kalo ngga minta ijin ngga apa-apa tapi sekali lagi mbok ya jangan mengaggap itu seakan-akan tulisan sendiri donggg, minimal sebutin sumbernya…

Huuffff…. *ngadem di kulkas ga bisa ngademin pala gue, kueseeellll banget*

Ini postingan-postingan gue yang di kopas :


Teman-teman, aku harus gimana yaaa? Aku mencoba komentar di kolom dengan maksud sekalian bikin link ke blok aku, tapi nggak bisa-bisa…

 

54 thoughts on “Dasarr Plagiatorrr… Nyontek Beberapa Isi Blog Gue Tanpa Ijin…

  1. busett.. yang punya blog ini comeontoyourdream.blogspot.com/2012/05/seoye-seni-menulis-indah-kaligrafi_15.html
    bukannya insyaf.. komen komen kita malah dihapusin.. :p..

  2. Oh iya, bener, barusan saya klik lagi tulisannya gini di sana : “Blog ini tidak ditemukan, tapi nama indramaib bisa didaftarkan.” Berarti indramaib namanya si orang itu sudah malu kena sanksi sosial dari masyarakat.

  3. Ada dua Bunda, yang satu sudah dihapus.. yang indramaib.blogspot.com.

    Kalau comeontoyourdream.blogspot.com/2012/05/seoye-seni-menulis-indah-kaligrafi_15.html ini masih bisa diakses, tapi komen-komen kita yang menghujat blognya malah dihapus… Gak punya malu –“

  4. Pingback: Cara Melaporkan Plagiator Yang Suka Copy Paste Postingan | Firsty Chrysant

Leave a Reply

