Chung Ang University ~ 중앙 대학교 @ Universitas Nasional

Chung Ang University ~ 중앙 대학교 @ Universitas Nasional

Korea Selatan adalah sebuah negara yang berada di kawasan Asia Timur yang terletak di bagian selatan semenanjung Korea. Dewasa ini negara yang hari kemerdekaannya dua hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia ini, terus menggeliat, mengepakkan sayap mereka sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia Pasifik, dan menyejajarkan diri dengan tetangga mereka, Jepang.


Tidak saja melalui industri kreatif, segala aspek lapisan masyarakat Korea berlomba-lomba menjadi bagian dari 한류 (Han ryu, baca: Hallyu), yang menyebar ke berbagai kawasan di dunia. Ada yang bergabung menjadi volunteer di lembaga seperti KOICA, untuk memperkenalkan Korea dan bahasa Korea ke berbagai negara. Dan banyak sekali lembaga-lembaga di Korea yang menjadi fasilitas volunteer ini.

Tak ketinggalan lembaga pendidikan tinggi di Korea pun sekarang melakukan kegiatan kunjungan kebudayaan ke universitas-universitas di luar. Salah satu universitas yang melakukan kunjungan petukaran kebudayaan tersebut adalah 중안 대학교 (Chung Ang Daehakkyo ~ Chung Ang University), salah satu universitas terkenal dan bergengsi di Korea yang didirikan pada tahun 1918 di kota Seoul.


Saat ini sebanyak 30 mahasiswa Chung Ang University dan 2 orang dosen pendamping sedang melakukan program “Chung Ang University’s Blue Dragon Volunteer for Social Service and Culture Exchange Program” di Universitas Nasional, Jakarta. Di universitas yang merupakan universitas pertama yang membuka program bahasa Korea di Indonesia ini, peserta program akan melakukan berbagai macam kegiatan pertukaran kebudayaan kedua negara mulai dari tanggal 30 Januari sampai 14 Februari 2012.

Mahasiswa Unas yang menjadi tuan rumah akan mengajarkan tari Saman dari Aceh, dan alat musik Angklung dari Jawa Barat kepada peserta dari Korea. Peserta dari Korea belajar memainkan lagu ‘Ambilkan Bulanku’ dan lagu rakyat Korea, Arirang dengan menggunakan angklung. Sedangkan mahasiswa dari Korea mengajarkan tarian Korea, seni lukis atau tulisan Korea serta olahraga beladiri asli Korea, Taekwondo ~ 대권도 kepada mahasiswa Universitas Nasional.


Bagi Universitas Nasional, ini adalah yang kedua kalinya mereka peserta program pertukaran kebudayaan dari Korea. Tahun lalu mereka juga menerima peserta dari Korea yang tergabung dalam PAS TEAM yang pesertanya datang dari berbagai universitas. Tuan rumah yang utama PAS TEAM ini adalah Universitas Indonesia tetapi mereka mengirimkan sekitar 10-12 peserta ke UNAS yang kegiatan dilakuka hanya 2 – 3 jam saja dari pukul 2 – 4 atau 5 sore.

Tentunya, diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan kebudayaan kedua negara. Tidak hanya Korea yang memperkenalkan budaya Korea pada masyarakat Indonesia tapi juga Indonesia juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Korea.

12 thoughts on “Chung Ang University ~ 중앙 대학교 @ Universitas Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s