SISWA-SISWA SMP/SMA YANG KELAKUANNYA MENGERIKAN

SISWA-SISWA SMP/SMA YANG KELAKUANNYA MENGERIKAN

Apakah teman-teman pernah melihat anak-anak sekolah yang rombongan menyetop bus dengan cara pasang badan? Pasang badan disini maksudnya, mereka sengaja berombongan ke tengah-tengah menghadang bus yang sedang berjalan?

Aku sering ngeliat yang kaya ginian. Bebepaka kali ngeliat di daerah kramat, depat STM dekat Kenari Mas dari arah Senen. Mereka sengaja menghadang bus yang sedang berjalan tanpa peduli akibat yang bisa mereka terima hanya karena gagah-gagahan sama teman-teman mereka. Seakan mereka bangga melakukan hal yang demikian tanpa peduli nyawa dan tubuh mereka yang jadi taruhannya.

Tiga hari yang lalu, serombongan anak SMP yang melakukan hal sama. Sebagian menghadang berlarian dari sisi kiri jalan, dan sebagian lagi menghadang dari sisi kanan jalan atau dari arah jalur trans Jakarta. Satu diantara mereka mengacungkan tangan yang menggenggam batu sebesar bola tenis, siap melempar batu tersebut ke bus. Seisi bus yang melihat kejadian tersebut berteriak karena kaget bus yang direm mendadak dan juga kaget karena ketakutan melihat adegan yang ada di depan mata.

Bisa aja si sopir yang yang kaget dan ngga cekatan malah tanpa sengaja mginjak gas dan akhirnya menabrak mereka. Yang akan menderita siapa coba? Ya mereka juga, bisa luka-luka, bisa masuk rumah sakit atau bahkan bisa kehilangan nyawa mereka sendiri.

Syukur kalau mereka aja yang menderita akibat atas apa yang mereka lakukan. Hanya orangtua dan keluarga serta teman-teman mereka saja yang akan menanggung kesedihan akibat perbuatan yang mereka lakukan. Tapi bagaimana dengan sopir yang akhiranya bisa ditahan karena kecelakaan yang tidak disengaja itu? Ia masih punya keluarga yang yang harus ia hidupi, sementara harus bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut jika ada korban jiwa walaupun itu bukan kesalahan sopir.

Yang jadi pertanyaan adalah kenapa hal itu bisa terjadi? Apa yang salah dengan sistem pendidikan kita sampai hal seperti tersebut tidak bisa diceah? Siapa yang bertanggung jawab dengan kelakukuan (sebagian) siswa-siswa yang seperti itu? Orangtua di rumah atau guru di sekolah? Ataukah juga sistem pendidikan kita yang tidak mendidik karakter siswa, hanya sekadar transfer ilmu saja dari guru ke murid?

Entahlah….

23 thoughts on “SISWA-SISWA SMP/SMA YANG KELAKUANNYA MENGERIKAN

  1. Ini mah nggak takut mereka Mba Niz… Spir udah marahin. Penumpang juga udah ikut2 marahin… dicuekin aja… Mereka bergelantungan sambil mukul2 mobil. Tapi kalo cuma 2 ato 3 orang sih ga berani…

  2. Pengen jagoan tapi membahayakan keselamata orang lain juga. kalo sopirnya ga stopin mobil, mereka berani ngelempar batu yang segede bola tenis. Dan yang jadi sasarannya adalah penumpang yang duduk dekat pintu, di bangku dadakan di atas mesin bus…

  3. tobat tenan mbak
    anak2 jaman sekarang sekolah bawaannya ga cuman buku ama pena
    tapi kadang juga pedang hiiiii
    pulang sekolah ga langsung pulang tapi malah 'latihan perang' / tawuran
    bener2 sok jago mereka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s