Bikin Kimchi Yukss

Kimchi


Kimchi adalah makanan Korea yang terbuat dari sayuran yang diasinkan atau difermentasi. Sehingga kimchi bisa dijadikan sebagai makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama dan dijadikan cadangan makanan untuk musim dingin.

Literatur tertua yang memuat tentang kimchi adalah buku puisi Tiongkok berjudul Sikyeong. Pada waktu itu, kimchi disebut “Ji” dan kemudian dikenal sebagai “chimchae”, yang artiya adalah sayuran yang direndam.

Sayuran yang sudah diberi garam dan bumbu ini kemudian disimpan di dalam guci yang terbuat dari tanah liat dan kemudian dipendam di dalam tanah.

Awalnya kimchi di Korea tidak menggunakan cabe sebagai bumbunya. Cabe baru  ditambahkan sebagai bahan utama kimchi setelah Korea berinteraksi dengan negara-negara lain, karena pedagang-pedagang asing inilah yang kemudian memperkenalkan cabe pada bangsa Korea.



Kimjang (김장) adalah tradisi orang korea untuk membuat kimchi yang dilakukan orang korea pada akhir musim gugur,sebagai persiapan cadangan makanan mereka pada musim dingin. Pada saat Kimjang (김장)  ini merupakan kesempata bagi ibu menurunkan resep membuat kimchi dari Ibu pada anaknya, resep seorang nenek pada cucunya dan resep ibu mertua pada menantunya.

Untuk mengetahui segala hal tentang kimchi dan sejarahnya, pemerintah membangun museum kimchi yaitu Museum Kimchi Pulmuone yang ada di kota Seoul. Di sini  tercatat 187 jenis kimchi, mulai dari kimchi zaman dulu hingga kimchi zaman sekarang.

•    Manfaat Kimchi.

A.    Kimchi sangat bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung:
       1.    Vitamin A, B 1,B 2, C, kalsium,dan zat besi.
       2.    Asam laktat, dan lactobasillus kimchi.

Bakteri laktobasilus yang berperan dalam proses fermentasi kimchi menghasilkan asam laktat dengan kadar yang lebih tinggi daripada yogurt. Lactobasillus adalah strain bakteri asam laktat (strain MT-1077T) penghasil bakteriosin yang diisolasi dari kimchi
.

Berdasarkan majalah health magazine, kimchi adalah salah satu dari lima makanan tersehat di dunia. Bahkan hal ini pun diakui oleh mantan Ibu Negara Amrika Serikat yang sekarang menjabat sebagai menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton.

B.    Sebagai sarana untuk berumpul bersama keluarga, kerabat dan tetangga. Kenapa? Karena semakin banyak kaum wanita yang ikut dalam pembuatan kimci saat kimjang ini maka semakin bermakna kimchi tersebut.

C.    Sebagai penentu kepintaran dan kehebatan wanita dalam memasak. Karena kalau kaum wanita Korea sudah bisa membuat kimchi yang enak maka ia dianggap sudah jago memasak makanan lainnya. Jadi kalo ada yang niat nikah ma orang Korea, kudu bisa bikin kimchi yahhh^___^.

•    Sayuran yang biasa dijadikan kimchi.


     1.    Sawi putih (배추, baechu)

     2.    Lobak. (깍두기/ Kaktugi)
     3.    Kubis.
     4.    Mentimun (오이소박이/oisobaegi).


•    Cara membuat kimchi

Bahan :

      1.    Sawi putih (belah 2)
      2.    Wortel (potong korek api).
      3.    Bawang bombai (iris tipis)
      4.    Daun bawang (iris tipiss)

Bumbu :

      1.    Bubuk cabe merah.
      2.    Bawang putih giling (40 gr).
      3.    Daun bawang.
      4.    Bawang merah giling.
      5.    Garam (250 gr)
      6.    Saus udang atau saus tiram (30 gr).
      7.    Gula (10 gr).
      8.    Jahe halus atau jahe bubuk (5gr).
      9.    Minyak ikan.
     10.   Sari buah pear.

•    Cara pembuatan:

  1. Sawi putih yang sudah dibagi menjadi empat bagian,setelah dicuci garam halus dimasukkan ke dalam lembar demi lembar daun sawi tersebut. Setelah sepuluh menit, sawi yang sudah diberi garam ini direndam ke dalam air garam selama sepuluh jam, dan dibolak balik kira-kira sampai sepuluh kali atau setiap empat puluh lima menitan.
  2. Sawi yang sudah direndam ditiriskan kira-kira selama dua sampai tiga jam.
  3. Bawang bombai setelah diiris tipis lalu direndam air garam selama 30 menit.
  4. Bubuk cabe dicampurkan dengan garam, bawang putih giling, bawang merah giling. Saus tiram atau saus udang, gula, jahe bubuk, minyak ikan dan sari buah pir.
  5. Masukkan wortel, bawang bombai dan daun bawang ke dalam campuran bumbu. Setelah tercampur rata, masukkan bumbu ke dalam lembar demi lembar sawi putih.
  6. Kimchi sudah selesai dibuat dan kemudian di simpan di dalam kulkas.

Pic alias gambar diculik dari internet

Advertisements

40 thoughts on “Bikin Kimchi Yukss

  1. Pingback: SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA | Firsty Chrysant

  2. Pingback: Bukuku "CARA MUDAH BELAJAR BAHASA KOREA", Alhamdulillah udah terbit… | Firsty Chrysant

  3. Pingback: Makanan Korea ~ 한국 음식 | Firsty Chrysant

  4. Pingback: Arti “Percaya Kepada Tuhan” Menurut Pandangan Orang Korea | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Mimpi Apa Aku Sampai Harus Ngeliat Cowok Bugil????? *Arrrrrggggg | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Hangeul (한글) and Hunminjeongeum (훈민정음) ~ Huruf Korea or Korean Alphabet | Firsty Chrysant

  7. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  8. Pingback: PUSAT KEBUDAYAAN KOREA (한국 문화원) ~ OPENING CEREMONIAL | Firsty Chrysant

  9. Pingback: Kenapa Orang Korea Senang Tinggal di Indonesia? | Firsty Chrysant

  10. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ 1 과 : 문자 (PELAJARAN 1 : ABJAD) | Firsty Chrysant

  11. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ : Learn Indonesian Language For Korean People | Firsty Chrysant

  12. Pingback: Restoran Korea ~ Daebak Fan Resto Margonda Depok | Firsty Chrysant

  13. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

  14. Pingback: Mau Mandi Susu? NO WAY…!!! Kapok Gue!!! | Firsty Chrysant

  15. Pingback: Gini Nih Kalo Ga Punya Malu : Nyante Aje Bugil di Depan Orang Lain…:( | Firsty Chrysant

  16. Pingback: Halan Halan ke Kebun Raya Cibodas Puncak | Firsty Chrysant

  17. Pingback: Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^ | Firsty Chrysant

  18. Pingback: Kota Gwangju, Korea ~ 광주역시 | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s