Makanan Korea ~ 한국 음식

Makanan Korea ~ 한국 음식

Makanan Korea ato 한국 음식 ~ hanguk emsik alias 한식~ hansik adalah makanan yang dimasak dan diolah berdasarkan tata cara masak orang Korea. Makanan Korea, selain menu utamanya nasi, juga mempunyai makanan pendamping atau lauk pauk yang banyak yang disebut dengan bancan (반찬).

Sebahagian besar masakan Korea berbahan dasar :

1.    Beras (Nasi).
2.    Daging (sapi, ayam, babi), baik mentah ataupun dimasak.
3.    Mi.
4.    Tahu.
5.    Sayuran.

Bumbu-bumbu utama makanan Korea :

1.    Cabe merah bubuk
2.    Bawang Putih.
3.    Bawang merah.
4.    Saus cabe merah.
5.    Kecap.
6.    Minyak wijen.
7.    Minyak ikan.
8.    Jahe.
9.    Saus Udang.
10.   Saus Tiram.

Jenis-jenis masakan Korea berdasarkan pola masaknya.

1.    Cige (찌개).

Cige (찌개) adalah makanan yang ada kuahnya. Kata Orang Korea sih, isi makanannya banyak tapi kuahnya nggak banyak-banyak amat. Contoh makanannya adalah kimchi cige (김치 찌개), doenjang cige (된장 찌개), sundubu cige (순두두 찌게).

2.    Thang (탕).

Thang (탕) adalah jenis makanan berkuah juga, tapi komposisi kuahnya lebih banyak dari cige (찌개). Bisa juga kita sebut dengan sup. Contoh makanannya adalah samgyetang (삼계탕) atau sup ayam ginseng, Kalbitang (갈비탕) atau sup tulang iga. Secara umum kuah dalam bahasa Korea disebut dengan Kuk (국).

3.    Bokem (볶음).

Makanan yang dimasak dengan cara ditumis atau digoreng. Contoh makannya adalah Bokem Bab (볶음 밥). Tapi konon kabarnya nasi goreng Indonesia jauh lebih enak daripada nasi goreng Korea. Maknya orang Korea suka nasi goreng Indonesia.

4.    Chim (찜).

Chim (찜) adalah jenis masakan yang dimasak dengan cara dikukus. Contohnya adalah gyeran chim (계란 찜) alias telur kukus. Ini enak lho, aku suka..:)


5.    Jorim (조림).

Jorim (조림) adalah makanan yang dimasak dengan cara direbus. Artinya langsug dicemplungan ke dalam air. Nah kalau di Indonesia sama aja kali ya dengan istilah semur, mungkiiinn lohh.


6.    Hoe (회).

Hoe (회) ini ad
alah jenis makanan daging yang dimakan mentah. Baik itu daging sapi, daging babi ataupun ikan. Makanan ini sebelum dimakan biasanya diberi bumbu dulu, kemudian dibungkus daun (lupa namanya) baru deh dimakan dengan satu kali masuk mulut. Bahkan gurita yang masih hidup pun bisa ditelan oleh orang Korea. Nama makannya adalah sannakji (산악지-mudah2an hangeulnya ngga salah)

__________________ END ____________________

Tulisan ini disarikan dari berbagai sumber referensi : buku-buku, internet. Jadi boleh copas asal kasih tau (sekadar ijin) ke aku via : firsty.chrysant@gmail.com



Postingan lainnya tentang Korea :
1. Buku Cara Mudah Belajar Bahasa Korea (쉽게 한국어를 배워요)
2. Hanok (한옥), Rumah Rradisional Korea
3. Hanbok (한복), Pakaian Tradisional Korea
4. Hallyu (항류), Korean wave atau gelombang korea
5. Kimchi (김치), makanan fermentasi atau asinan korea
6. Chaebol/jaebol (재벌), konglomerat korea
7. Hanguk Munhwawon (한국 문화원) Pusat Kebudayaan Korea Jakarta
8. Makanakan korea (한국 음식)

Advertisements

33 thoughts on “Makanan Korea ~ 한국 음식

  1. kimchie terkenal bgt di drama korea. kalo lihat makanan korea pasti ramen *saya ga suka ramen jepang. not tasty 😦 kalau nggak gitu rata2 warnanya merah2 cabe bubuk. tapi yg kusuka dr menu korea/jepang pasti ada sayur tumisnya. segar and enak kaya'nya. sempurna.

  2. Pingback: SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA | Firsty Chrysant

  3. Pingback: Bukuku "CARA MUDAH BELAJAR BAHASA KOREA", Alhamdulillah udah terbit… | Firsty Chrysant

  4. Pingback: Arti “Percaya Kepada Tuhan” Menurut Pandangan Orang Korea | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Mimpi Apa Aku Sampai Harus Ngeliat Cowok Bugil????? *Arrrrrggggg | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Hangeul (한글) and Hunminjeongeum (훈민정음) ~ Huruf Korea or Korean Alphabet | Firsty Chrysant

  7. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  8. Pingback: PUSAT KEBUDAYAAN KOREA (한국 문화원) ~ OPENING CEREMONIAL | Firsty Chrysant

  9. Pingback: Kenapa Orang Korea Senang Tinggal di Indonesia? | Firsty Chrysant

  10. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ 1 과 : 문자 (PELAJARAN 1 : ABJAD) | Firsty Chrysant

  11. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ : Learn Indonesian Language For Korean People | Firsty Chrysant

  12. Pingback: Restoran Korea ~ Daebak Fan Resto Margonda Depok | Firsty Chrysant

  13. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

  14. Pingback: Mau Mandi Susu? NO WAY…!!! Kapok Gue!!! | Firsty Chrysant

  15. Pingback: Gini Nih Kalo Ga Punya Malu : Nyante Aje Bugil di Depan Orang Lain…:( | Firsty Chrysant

  16. Pingback: Halan Halan ke Kebun Raya Cibodas Puncak | Firsty Chrysant

  17. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  18. Pingback: Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^ | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s