Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^

Gambar dari google
Gambar dari google
Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^

Han Ryu (한류) atau yang biasa dikenal dengan Hallyu, adalah sebutan untuk istilah Korean Wave yang mempunyai arti suatu kegiatan atau usaha negara Korea untuk memperkenalkan Korea ke luar Korea. Drama Korea dan musik Korea yang saat ini digandrungi penggemar mereka di luar Korea pun bagian dari Han Ryu (한류).

Han Ryu (한류 ~ Hallyu) telah membuat banyak orang dari berbagai negara di luar Korea mulai melirik Korea dan budaya Korea. Banyak orang dari berbagai Negara kini mulai terjangkit virus baru yang disebut dengan Kpop. Hal ini tentunya tidak terlepas dari boomingnya drama-drama Korea yang dipelopori oleh suksesnya drama Winter Sonata (겨울 연가) dan Endless Love (가을 동화) di berbagai negara.

Pengaruh Hallyu ini tentu saja sangat besar artinya bagi negara Korea. Pariwisata Korea meningkat tajam karena Korea mulai dilirik sebagai salah satu tujuan utama wisata, setelah Jepang dan China. Tempat syuting drama Korea pun dijadikan sebagai daerah tujuan wisata yang selalu rmai dikunjungi oleh wisatawan asing pecinta drama Korea. Kita sebut saja Nammiseom (남미섬) atau pulau Nami yang dijadikan sebagai salah lokasi syuting Winter Sonata (겨울 연가).

Di Nammiseom (남미섬) atau pulau Nami, para pengunjung bergaya seperti halnya Kang Junsang ~ 간준상 (Bae Yungjun (배용준) dan Yujin ~ 유진 (Choi Jiwoo ~ 최 지우) di dalam serial Winter Sonata (겨울 연가) tersebut. Selain itu juga ada Abai Village dan rumah keluarga Ensu dan Chonsu dalam serial Endless Love (가을 동화) serta lokasi syuting Dae Janggeum (대장금) dan Full House (풀 하우스) juga sangat ramai dikunjungi wisatawan asing.

Tidak hanya drama Korea yang menggeliat, industri musik Koreapun sekarang menjadi salah kiblat musik di Asia mengalahkan Jepang dan Hongkong dan Taiwan. Grup-grup band Korea bergantian melakukan konser-konser besar di Jepang, Taiwan, Hongkong, China, Malaysia, Philipina, bahkan Eropa.

Sekarang, siapa yang tidak kenal dengan Super Junior, Shinee, 2AM, 2PM, SNSD, Wonder Girls, DBSK dan lain sebagainya? Gaya musik mereka, bahkan style pakaian mereka sekarang menjadi trend setter musik negara lain, termasuk di tanah air sendiri. Belakangan ini banyak Negara di Asia meniru gaya boy band Korea yang sedang hits. Salah contohnya di Indonesia adalah Sma*sh, seven icons, dll.

Begitu juga dengan aktor dan aktris Korea yang namanya melejit karena peran mereka di dalam drama tersebut. Sebut saja beberapa contoh seperti Bae Yong Jun (배용준), Rain (비), Won Bin (원빈), Song Hye kyo (성혜교), Lee Min ho (이민호), Kim Hyun Joong (김현중), Kim bum (깁 범), Lee da hae (이다희), Jang Geun Suk (장근석), Moon Geun Young (문근영)? Mereka semuanya mempunyai fans yang sangat fanatik di Indonesia apalagi di Jepang.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana dengan kreativitas anak negeri kita? pakah anak bangsa kita hanya akan selalu menjadi plagiator dan pengekor saja tanpa berniat menjadi pionir? Entahlah… Anda bisa jawab sendiri.

Dan salah satu yang menarik tentang perkembangan pengaruh hallyu saat ini adalah, sampai 2 atau satu tahun kemarin, jika mampir ke toko buku Gramedia dan mencari buku Bahasa Korea, kita hanya akan menemukan beberapa buku bahasa Korea, maka semalam, saya melihat buku bahasa Korea sudah mulai banyak tersedia di Gramedia. Kira-kira mungkin sudah lebih dari 10 jenis. Hmmm… tetu saja ini merupakan perkembangan yang luar biasa bagi Korean Lover…^.^

______________________________ END ______________________________


Boleh copas asal kasih tau (sekadar ijin) ke aku via : firsty.chrysant@gmail.com

NB : Berikut ini beberapa tulisan saya tentang Korea

  1. Buku Cara Mudah Belajar Bahasa Korea (쉽게 한국어를 배워요).
  2. Hanok (한옥), rumah tradisional korea.
  3. Hanbok (한복), baju tradisional korea.
  4. Seoye (서예), kaligrafi korea atau seni menulis indah korea.
  5. Hallyu (한류), Korean wave atau gelombang korea.
  6. Kimchi (김치), makanan fermentasi atau asinan korea.
  7. Chaebol/jaebol (재벌), konglomerat korea.
  8. Hanguk Munhwawon (한국 문화원) Pusat Kebudayaan Korea Jakarta.
  9. Belajar bahasa Korea.
  10. Belajar bahasa Korea.
  11. Janggo atau Janggu, musik tradisional Korea.
  12. Makanakan korea (한국 음식).
  13. Alasan kenapa orang korea senang tinggal di Indonesia.
  14. Budaya korea bag : 1.
  15. Budaya korea bag 2.
  16. Sejarah Hangeul dan Huminjeongeum.
  17. Idgham alias dengan dengung dalam bahasa Korea.
  18. Pandangan bos korea terhadap karyawan orang Indonesia.
  19. Arti percaya kepada tuhan bagi orang korea.
  20. Belajar bahasa Indonesia buat Orang Korea or Learn Indonesian Language for Korean People.
Advertisements

38 comments

  1. Fis…lama tak bersua di MP… 🙂

    Sebenarnya negara kita juga punya geliat kreatif, tapi belum menyebar dan biasanya segmented banget. Di Bandung misalnya, geliat literasi kreatif dan budaya popnya juga bagus tapi ya itu blm bisa menyebar bahkan ke seluruh indonesia, gimana bisa juga menginternasional.

    Mudah-mudahan ya kita bisa menyusul Korea…apalagi bisa bikin acara sekreatif Running Man 😀

  2. Iyaaaa… udah lama tak bersua…^^

    Bener… bandung adalah salah satu kota paling kreatip di Indonesia. Jojga juga… Tapi ya itu, bergerak secara sendiri2 tanpa dukungan penuh pemerintah jadi ya gitu2 aja

  3. Pelajaran apaan Channn?

    Oya Chann… Gue mau bilang ke elo si donggun oppa lo tuh paling ga hangat diantara artis korea yang datang kemarin… Gue akhirnya nonton…. Ntar ya gue posting…^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s