DASARRRRR…… PAK RT SUPERRRR MATRE….!!!

DASARRRRR…… PAK RT SUPERRRR MATRE….!!!

Gue lagi bete en kesel abis ma Pak RT tempat KTP Jakarta gue berada. Keseeellll banget. Begini, gue minta surat pengantar dari RT ke kelurahan untuk mengurus suatu hal. Cepet sih ngurusnya… nggak sampe 5 menit jadi karena toh yang diisi oleh si Pak RT tersebut cumin nama, TTL, alamat dan tujuan pembuatan surat pengantar tersebut.

Nah… pas udah jadi, mulut gue iseng nanya, “Ada uang administrasinya, Pak?”, si Pak RT langsung nyengir kuda, (kuda aja kalah…) “Hehehe… terserah situ aja!” Jiaahhhh…. Paaaaakkkk…pakkkk, ketauan banget lo mata duitan. Tauuu aja kapan ada pajak masuk buat eloooo.

Dan sayang seribu saying, gue nggak punya uang gocengan, Cuma punya gobanan… Jadilah gue kasih gobanan sama tuh Pak RT *rada-rada kagak ikhlas*

Teman-teman, bukan uang gobanannya yag gue permasalahin… tapi gue mempertanyakan sudah sebegitu rusaknyakah mental para pejabat di negeri ini mulai dari tingkat RT samapai tingkat yang lebih tinggi semuanya harus UUD ~ Ujug-Ujungnya Duit? Sekadar bikin surat pengantar ke kelurahan kan sudah tugasnya pak RT???? Kenapa juga harus pake bayaran segala… Hadeuuuhhhhh…. Parah!!!

Dulu waktu ngurus KTP Jakarta, gue juga pernah nanya ke dia tentang uang ADM ini, jawaban beliau adalah, “Sebenarnya nggak ada sih, tapi terserah situ ajalah!… Beeuuhhhhhhh… Nahhh loooo…. Nggak bayar kan…?

Di kosan gue crita ma temen kos gue tentang uang ADM yang gue kasih ke Pak RT, komentar temen gue adalah, “Lo juga sih dudul juga… Lah, bikin surat pengantar kaya gitu kan udah tugas dan kewajibannya dia, ngapain lagi lo tanya uang ADM segala? Dia digaji PEMDA DKI kan untuk ngurusin yang gituan doang, bikin surat pengantar untuk ke kelurahan, bukan kerja bakti tanpa pamrih loh kerjaannya tersebut…!”

Teman gue langsung dah keluar idealismenya tentang birokrasi yang penuh pungli. Bahwa sudah seharusnyalah kita nggak usah membuka peluang untuk orang-orang birokrasi melakukan pungli yang hanya masuk kantong pribadi tersebut. Dengan menanyakan ADM tersebut otomatis membuka kesempatan untuk melakukan ‘transaksi liar’. Apalagi katanya, gaji pegawai PEMDA gede tauuu! Golongan 2A aja bisa 3 jutaan.

Yaahh, gue juga membenarkan apa yang diutarakan teman gue tersebut, cumaannn kalo nggak iseng nanyain dan kasih ntar kalo kita butuh ngurus-ngurus lagi, dianya ogah-ogahanan ngurusin dokumen kita meskipun itu emang udah tugas dia, ya kan???… Jadiiii???? Bingung dehhhh…

Advertisements

6 thoughts on “DASARRRRR…… PAK RT SUPERRRR MATRE….!!!

  1. gw waktu ngurusin berkas buat ngelamar kerja keluar biaya paling gede buat ngurus legalisir ktp, bikin & legalisir skck, bikin surat ket sehat, dll. Yang gratis cuma pas bikin & legalisir kartu kuning doang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s