Sujud Sajada (Catatan Mudik : bag. 2)

Sujud Sajada

Apa yang dimaksud dengan sujud Sajada? Sujud sajada adalah sujud yang dilakukan ketika kita mendengar ayat-ayat sajada (ayat-ayat Alqur’an yang ada kat-kata sajada-nya) sewaktu ada yang membaca Alqur’an. Kita melakukannya kapan saja atau dimana saja. Asalkan saat kita melakukannya waktu dan keadaan memungkinkan kita melakukan sujud tersebut.

Sujud Sajada tersebut diakhiri ketika ada lanjutan bacaan ayat tersebut. *mudah-mudahan aku ngga salah mendefenisikannya, jadi teman-teman boleh koreksi yaaa ^.^*

Dalam shalatpun kita juga bisa melakukan sujud Sajada. Pada rakaat pertama, setelah membaca Alfatihah, imam membaca ayat-ayat sajada yang biasanya ayatnya panjang-panjang. Setelah kita mendengar kata-kata sajada, kita langsung sujud sebentar dan kemudian berdiri lagi setelah imam membaca ayat lagi (masih agak panjang juga sih).

Setelah imam selesai membaca ayat tersebut, sang imam baru baca takbir untuk ruku’ (ruku’ rakaat pertama) seperti biasa dan seterusnya melanjutkan shalat seperti biasa.

Naaahhh, di kampung gue setiap shalat Shubuh setiap hari Jum’at, biasanya dilakukan sujud Sajada. Karena ayat sujud sajada ini panjang, pelaksanaan shalat shubuhpun jadi lebih lama. Kalau shalat shubuh biasa, cuma sekitar 5 menitan, maka kalau pake sujud sajada bisa 10 menit.

Tapiii, walaupun aku nggak tau apalagi hapal, aku selalu merindukan untuk bisa sujud saja saat pulang kampung. Di Jakarta, di mushala atau mesjid dekat kos tempat biasanya aku shalat, belum pernah melakukan sujud sajada pada saat shalat shubuh tersebut tersebut.

Tapi pada intinya, kita juga bisa melakukan sujud sajada pada saat shalat maghrib dan isya jika pada saat tersebut, sang imam membaca ayat-ayat sajada.

솔록, 사랑하는 고향 : 19 Agustus 2011


Barusan searching tentang sujud sajada, keutamaan dan apa aja ayat-ayatnya, ini dia nih link-nya :

http://maston.cybermq.com/post/detail/7800/-sujud-tilawah–ayat-sajadah/
http://r420r.wordpress.com/2008/10/02/sujud-sajadah-atau-sujud-tilawah/
http://rumaysho.com/hukum-islam/shalat/3064-panduan-sujud-tilawah-3-ayat-ayat-sajadah/


2 thoughts on “Sujud Sajada (Catatan Mudik : bag. 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s