[Puasa Pertama] Pertama Kali Puasa di Rantau Be A Chef @ Sahur

Pertama  Kali Puasa di Rantau Be A  Chef @Sahur

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat di rindukan kedatangannya oleh umat Islam sedunia, meski ada sebagian dari kita, kaum muslim tidak menghargai bulan yang penuh berkah dan maghfirah tersebut.

Daan… melakukan ibadah puasa yang merupakan salah satu amalan yang wajib dilakukan pada bulan Ramadhan, yang paling indah dan enak memang ketika kita berada di tengah keluarga inti kita sendiri, khusunya pada saat sahur. Berada sendirian di rantau tanpa ada satu orangpun keluarga sewaktu adalah saat yang paliingggggg memilukan sepanjang Ramadhan.

Sewaktu gue masih ngekos ketika kuliah dulu sih nggak terlalu masalah karena aku hanya berada di kota yang berbeda dengan keluarga yang berjarak 2 jam perjalanan dari rumah. Jumat sore bisa pulang kalau nggak ada kuliah hari sabtu, dan senin paginya sehabis shalat shubuh balik deh ke kota tempat aku kuliah. Jadi fine-fine aja sih. Lagian bareng teman-teman kos lainnya kita sudah mempersiapkan makanan sejak malam hari ato minimal ceplok telor saat sahur. Dan itu having fun banget.

Naaahh, pas pertama kali merantau ke Jakarta setamat kuliah, gue tinggal numpang sama saudara sepupu jauh yag lahir dan besar di Jakarta. Hubungan kami adalah nenek buyut ketemu nenek buyut, lebih tepatnya lagi neneknya nenekku sodaraan sama neneknya nenek sepupuku. Lumayan jauh kan?? Tapi karena kita dikampung rumahnya bersebelahan, ya teteup saudara deket. Apalagi dia cuma setahun diatasku walaupun sudah menikah. Jadi aku tingal bertiga dengan sepupuku dan suaminya.

Yaah, namanya juga hidup numpang, kita harus pandai membawa diri dan menyesuaikan diri dengan tempat dan keluarga yang kita tinggali. Soal pekerjan rumah kita benar-benar harus ringan tangan meskipun untuk sesuatu hal yang tidak kerjakan di rumah.

Untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti masak, nyapu, ngepel dan nyupir alias nyuci piring sih nggak masalah. Setiap hari rumahya harus langsung disapu dan dipel jam 6 pagi, tepat setelah lakinya berangkat kerja. Jadi kalau aku tertidur lagi setelah shalat shubuh, maka jam 6 teng dia akan bangunin gue cuma untuk nyapu dan ngepel serta nyiram bunga…^.^

It’s oke sih, tapi yang ngenesnya adalah pada saat sahur bulan puasa. Sepupu gue selalu dan selalu membangunkan gue jam 2 an ato 2.30 (sekali lagi sodara-sodara, jam 2.30) untuk bikin sayur dan goreng tahu tempe atau ayam yang sudah direbus presto kemarinnya, ato cuma sekadar nyeplok telur mata sapi.

Bayangkan aja gue harus bangun satu setengah jam-an lebih sebelum masuknya waktu imsak. Padahal bikin sayur dan goreng ayam paling lama cuma 15 menit doang karena sudah disiapkan semuanya dari semalam. Sayurnya sudah dicuci dan dipotong, bawang putih dan bawang merah serta cabe jga sudah diirs, jadi ya cuma numis doang sodara-sodara, gue harus bangun jam setengah tiga kurang.

Sementara sepupuu ngapain? Dia tidur lagi di kursi sofa! Ohooo…. Indahnya dunia ini ya…^.^

Wajar dong gue suka ngebayangin rumah! Di rumah atau waktu ngekos dulu gue bangun baru kira-kira 20 menit sebelum waktu imsak masuk. Cuci muka wudhu, shalat sunat, makan, ….imsak dehhh…. Maklum kalau di rumah toh ada nyokap yang slalu nyediain semuanya. Kita sebagai anak cukup tinggal makan aja tanpa harus direpotkan dengan urusan masak-memasak untuk sahur… ^.^ *ciri-ciri anak yang durhaka nih*

Jadi…. sodara-sodaraku sekalian sebangsa dan setanah air *lebay.com*, nggak ada suasana yang lebih indah daripada suasana di rumah saat bulan puasa, terlepas dari hal apapun juga termasuk soal masak memasak tadi. Karena kebersamaan bersama saat bulan puasa adalah kebahagian yang tak ternilai dan tak terukur…..^^

Ikutan lomba yang diadain trio koalisi *kaya pasukan koalisi PP di Irak dan Afganistan ajaa* disini http://myelectricaldiary.multiply.com/journal/item/368/lomba_puasa_pertamaxkuuuu?replies_read=108

Advertisements

9 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s