Pagi Hari Puasa Hari Pertama….

Pagi Hari Puasa Hari Pertama….

Kabut tebal pegunungan Bukit Barisan menyelimuti kotaku. Udara shubuh yang masih terasa dingin menusuk, membelai wajah kami dengan lembutnya….

Huaaaaa, paru-paru terasa dingin ketika menghirup udara tetapi terasa nikmaaaattttt sekali. Di depan mata, dalam balutan kabut shubuh yang masih tebal bergerak bayang-bayang putih yang ramai yang memenuhi jalanan.

Bayang-bayang putih itu adalah para wanita yang umumnya anak muda yang masih mengenakan mukena sepulang dari mesjid setelah shalat shubuh. Biasanya pada hari-hari pertama puasa yang masih libur sekolah ato kuliah, sepulang shalat shubuh kami selalu jalan-jalan pagi, muter-muter aja sampai jam setengah tujuh, pada saat matahari mulai menampakkan cahayanya yang hangat.

Kenapa aku bilang itu adalah umumnya anak muda?? Karena para ibu-ibu dan orang dewasa biasanya mendengarkan ceramah di mesjid sehabis shalat shubuh. Nah… kalo ceramahnya udah usai baru deh giliran ibu-ibu yang ikut-ikutan jalan-jalan pagi ngitarin jalan-jalan disekitar tempat tinggal kami.

Biasanya, aku dan sahabat-sahabat masa kecilku, kalau ngga jalan-jalan pake mukena seperti itu, ya ngitarin kota kecilku pake sepeda. Keliling-keliling ngelewatin jalan-jalan kecil di persawahan atao juga ke perbukitan yang mengelilingi kotaku. Luaaarrr biasa indah kenangan tersebut….

Kalau teman-teman suka baca novel anak-anak dan remaja  karya Enid Blyton  tentang petualangan-petualangan tokohnya pake sepeda melewati bukit kecil dan jalan perkampungan yang tenang, maka seperti itulah rasanya masa-masa yang kulewati bersama teman-teman kecilku keliling kota pake sepeda, khususnya hari-hari pertama puasa di kampong tercinta yang jauh di mata.
                                ———————————–
Hmmm, pagi ini adalah sahur hari pertama puasa. Walaupun sedih harus puasa sendiri tanpa keluarga di rantau orang (biasalah… mellow hari-hari pertama puasa jauh dari keluarga)  tapi setidaknya ada teman-teman kos yang juga sama-sama jauh dari keluarga. Jadi yaaahhhhhh, tetap membahagiakanlahhh….^.^

Setelah shalat subuh rombongan di mesjid bareng teman-teman kos, mau nggak mau yang dilakuin adalah mengukur kasur lagi alias bobooooo…. sama seperti temen-temen yang lain juga…., kembali ke pulau kapuk yang sudah memanggil dengan mesranya.

Tapi yang namanya puasa pertama tentu aja yang kebayang adalah rumah… So…, mata ngga langsung ngantuk karena teringat kenangan main sepeda bareng ma teman di kampung…

1 Ramadhan

6 thoughts on “Pagi Hari Puasa Hari Pertama….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s