Yang Kuingat Setiap Peringatan Isra Mi’raj

Yang Kuingat Peringatan Isra Mi’raj

Hari ini tanggal merah karena peringatan Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW. Apa dan bagaimana Isra’ Mi’raj temen-temen tentu (Insya Allah) sudah mengetahuinya kan? Jadi gue nggak akan bercerita tentang Isra’ Mi’raj itu sendiri tapi tentang moment-moment yang gue lewati bersama teman-teman masa kecil kalo udah bertemu dengan Isra’ Mi’raj atopun Mauid nabi.

Di kampung gue, yang namanya Maulid Nabi, ibaratnya adalah hari raya yang ketiga setelah Idul Fitri dan Idul Adha. Sehari sebelum tanggal merah Maulid Nabi, para ibu di kampung gue, umumnya ibu-ibu yang sudah tua ato tepanya para nenek-nenek sih, sibuk bikin yang namanya “lamang”. Temen-teman tau apa itu lamang? Oke, bagi blom tau, gue kasih tau (karena gue lebih suka tahu daripada tempe,  *jaka sembung yaahhh*) apa itu lamang.

Lamang adalah sejenis makanan yang terbuat dari beras pulut yang dimasak pake santan di dalam bambu dan di bakar selama kira-kira 5 atao 6 jam. Yahaahh, Bahasa Indonesianya sih disebut lamang, tapi gue lebih enak aja nyebutnya lamang, sesuai bahasa aslinya gue. Itu adalah salah satu makanan khas orang Padang.

Pada saat hari H bulan Maulid ini juga para penganten baru yang masih gress yang kira-kira menikah sekitar dibawah 6 bulan disibukan dengan acara manjalang, dimana anak daro ~pengantin wanita~ berkunjung ke rumah mertua pake suntiang kecil dan diiringi sekitar 10 orang ibu-ibu.

Dan selama bulan Maulud, hampir tiap malam akan ada undangan shalawat dan barzanji di rumah-rumah di kampung gue. Dan ini adalah yang paling gue suka karena selain selalu ada makanan yang enak-enak, mendengar shalawat berzanji adalah hal yang selalu menentramkan hati gue. Damaaiiiiiiii banget…..:) *mengenang masa kecil yang indah*

Nahhhh pertanyaannya adalah apakah hal yang diatas juga ada ketika Isra Mi’raj?? Jawabannya adalah aku nggak tau, tepatnya aku lupa… Lupa sama sekali….^^ Nggak tau apakah ada lamang dan manjalang segala macam ato nggak. Judulnya lupa aja.

Tapi yang pasti adalah setiap Maulid Nabi Muhammad SAW dan Isra’ Mi’raj selalu ada ceramah agama khusus Maulid Nabi dan Isra Mi’raj yang dilakukan di surau-surau di sekitar rumah gue yang selalu kami tunggu-tunggu. Ustad yang diundangpun dicari yang keren-keren. Acaranyapun nggak kaya ceramah mingguan biasa, tetapi juga rada-rada formal dan seremonial gitu deh…. Ada pembawa acara segala macam, plus kata sambutan dari pengurus mushala juga serta ada makanan juga (enak-enak pula). Dan sehari sebelumnya para kakak-kakak remaja mushala mempercantik surau dengan menghiasnya ruangan surau atau mushala.

Jadi, yang salah satu yang ditampilkan sebelum si buya alias si ustad tampil adalah penampilan lagu qasidahan…. Wakakakakakak….. jadul banget kampung gue yak??? Tapi beneran, itu adalah hal yang selalu ada setiap Maulid Nabi dan Isra’ Mi’raj sampe gue SD. Karena selepas SD gue pindah dari kampung ke kota (jiaaeeehhhhh jadi anak kota dah gue….*sombong nian yah gueee*)

Mau tau lagu yang biasa ditampilkan di qasidahan saat Isra’ Mi’raj tersebut…???? Ini dia…

Isra Mi’raj

27 Rajab nabi Muhammad Isra’
Dari Masjidil Haram
Ke Masjidil Aqsa.

Tuhan tunjukkan
Tanda-tanda kebesarannya
Untuk tamsilan bagi umat islam sedunia.

Isra’ dan Mi’raj
Nabi Muhammad
Ke luar angkasa
Menjemput shalat

Shalat yang fardhu
Bagi umat Islam
5 kali dalam sehari semalam.

27 Rajab nabi Muhammad Isra’
Dari Masjidil Haram
Ke Masjidil Aqsa.

Tuhan tunjukkan
Tanda-tanda kebesarannya
Untuk tamsilan bagi umat islam sedunia.

Isra’ dan Mi’raj
Nabi Muhammad
Ke luar angkasa
Menjemput shalat

Shalat yang fardhu
Bagi umat Islam
5 kali dalam sehari semalam



*Kenangan masa kecil*

13 thoughts on “Yang Kuingat Setiap Peringatan Isra Mi’raj

  1. hwaaaa.. lamang… aku suka lamang.. enak banget.. lamang yang diisi gula merah dan kelapa.. hehe..

    mba kecilnya di sumbar? daerah mana mba sumbarnya?
    eh.. uni.. aku panggil uni aja ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s