Ah.. Pak Polisi…, Jangan Asal Main Tangkep Aje Dong….

Ah.. Pak Polisi…, Jangan Asal Main Tangkep Aje Dong….

*Ini gue tulis sekitar 2 mingguan yang lalu*

Barusan nonton Metro TV yang ngebahas tentang korban salah tangkap polisi kasus pembunuhan mandor kebun di Kota Bumi, Lampung. Roli dan Wandi. Seorang mandor kebun di Lampung ditemukan tewas terbunuh dan tidak diketahui siapa pelakunya.

Nah, kemudian polisi menangkap ‘pelaku pembunuhan’ tersebut. Mereka adalah Roli dan Wawan, dua pemuda kampung yang berusia sekitar 19 tahun, dan kalau dilihat dari penampilannya, mereka  adalah pemuda-pemuda yang berpendidikan rendah *maap kalo salah*

Mereka berdua dipaksa untuk mengakui pembunuhan yang mereka tidak lakukan. Jangankan melakukan, mengenal korban secara langsung pun nggak. Mereka hanya kenal dengan korban lewat ponsel saja.

Dari cerita keduanya, selain memaksa kedua pemuda kampung tersebut untuk mengaku telah membunuh, polisi yang menangani mereka tersebut juga mengatakan pada mereka untuk tidak usah pakai pengacara untuk membantu mereka.

Menurut polisi, percuma minta bantuan pengacara, pengacara nggak akan membantu mereka, pengacara hanya akan membohongi dan menipu mereka, dan mereka nggak akan mapu bayar pengacara walaupun mereka menjual kebun, ladang atau pun tanah yang mereka punya.

Dan merekapun akhirnya divonis penjara 9 tahun, ohoooo… kasian banget mereka, dihukum atas perbuatan yang tidak mereka lakukan. Dipenjara, disiksa… Beuhhh….  Keluarga mereka menjadi malu di mata masyarakat, dan mereka menjadi trauma terhadap orang yang berpakaian polisi dan nggak berani kemana-mana setelah dibebaskan karena takut dan trauma.

*Ini kerja polisi, pengadilan dan Kejaksaan macam apa ya…???????????*

Untungnya, berita tentang mereka dilaporkan pada anggota DPD yang daerah pemilihan termasuk daerah Kota Bumi, Lampung. Atas bantuan anggota DPD tersebut mereka berdua memdapatkan bantuan hokum dari Lembaga Bantuan Hukum Universitas Lampung. Atas bantuan dari LBH Unila inilah, akhirnya mereka bebas selah ditahan selama 9 ato 10 bulan.

Hadooohhhhhhhhh…. Keadilan ngga pernah berpihak pada si miskin…

*MIRIS banget ngeliat bangsa ini*

#Lagi sakau pengen omongan yang berat dikit#


Advertisements

8 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s