Repotnya Bertamu ke Rumah Orang Padang

Repotnya Bertamu ke Rumah Orang Padang

Dulu waktu masih sekolah, kalau ada tamu bokap nyokap datang ke rumah, asli….gue sebelnyaaaa minta ampun. Bukannya apa-apa… Bukan ga suka ada tamu sih. Bukan juga merasa terganggu ma kedatangan tamu tersebut. Nggak! Mereka boleh aja datang kapan aja dan berapa lama. Cuman, yang paling bikin gue malas adalah  akibat dari kewajiban melayani tamu ala orang Padang. Huffff…

Melayani tamu kalo sekadar nyediain teh sama makanan ringan aja sih ga masalah. Keciiilll itu mah… 5 menit juga jadi. Ke dapur, trus, ambil gelas, tatakan gelas, sendok. Trus, ambil gula dan teh masukin dah tuh teh dan gula ke dalam gelas. Kasih air panas yang udah tersedia di termos… Jadi dahhh. Kasih dah tuh minuman ma makanan ringan ke tamu and orangtua gue, beressss

Nah, trussss, masalah apa? Masalahnya adalah… Kebiasaan orang Padang kalau menerima tamu wajib banget yag namanya ‘mengharuskan tamu makan’. Bukan makan makanan ringan yang disuguhin, tapi makan nasi, meskipun itu bukan pada jam makan ataupun si tamu udah kenyang kenyang apa belum. Namanya bertamu ya harus makan. Wajib ga sunat. Titik, ga pake koma.

Ujung-ujungnya…, setelah gue nyuguhin minuman dan makan ringan ke tamu adalah adalah, nyokap bakal nyamperin gue lagi en minta tolong ke gue untuk masak lauk pauk tambahan dan sayuran. Huhhhh, sebel ga sih…? Mana di tangan novel atau bacaan menuntut segera untuk dituntaskan sambil tidur-tiduran (asli, baca kaya gini nikmat banget!), eh si nyokap malah minta tolong masak untuk tamu.

          “Lahhh, lauk kan masih banyak?” ujarku merengut karena kesenangan membaca terenggut.

         “Kan untuk nambah-nambah aja, masak itu aja?” jawab si nyokap pelan-pelan, baek-baekin gue biar nurut.

         “Yahhh Ibu maksa sih? Si Om tante-nya blum tentu mau makan!” balasku berusaha ga harus masak.

         “Namanya juga tamu harus dimuliakan. Ga bakal ngurangin kita kok!” jawab si nyokap lagi.

Mau ga mau gue ya harus mau. Biasanya sih nyokap masak sekitar jam 9 ato jam 10 untuk seharian, jadi kalo udah pulang sekolah stok makana udah berkurang dongggg, dan sore-sore ada tamu pula. Maka harus masak tambahan lah gue. Biasanya tambahannya adalah telor balado, atau kerupuk jangek (kulit) balado, atau juga ikan asin yang masaknya gampang. Intinya menu makanan nambah dahhh.

Dan teryata yang ngalamin yang kaya gitu ngga cuman gue tapi juga hamper semua teman-teman gue…., oangtua mereka lebay banget melayani tamu. Jadi kita semua bertekad, ntar kalo udah dewasa dan bertamu nggak mau dah ngerepotin tuan rumah…. Tekat yang sudah sangat bulat, hehehehe…

Tapi rupanya memang begitulah budaya orang Padang. Beberapa waktu beberapa kali gue bertamu ke rumah beberapa teman yang berbeda, teman-teman SMA yang udah menikah. Rupanya apa yang dilakukan nyokap untuk memuliakan tamu berbalas ke gue. Gue nggak diijinkan pulang kalau ggak makan terlebih dahulu. Tas gue ditarik dan sebagai jaminan gue harus makan dulu baru boleh pulang….

Alamaakkkk…. Jadi inget juga dulu waktu jaman kuliah en ngekos di Padang. Gue ma temen se-geng kalo lagi main ke rumah teman yang ggak ngekos, pasti ibunya nggak ngijinin pulang kalo blum makan dulu… Secara kita anak kos yah, nggak basa-basi nolaknya karena bisa ngirit bo, hehehehehe.

Yahhh, begitulah…

Gambar : Gue culik dari internet

Advertisements

26 thoughts on “Repotnya Bertamu ke Rumah Orang Padang

  1. Biasanya sih kalo orangnya cuma datang sekali-sekali atau dari jauh. Kalo tamunya emang udah sering namu enggak juga.

    Btw, kalo lebaran dan bakal bertamu ke rumah banyak orang, musti pintar2 atur waktu, biar gak sakit perut kekenyangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s