Budaya Indonesia Versus Budaya Korea : Part 1


Ingat pepatah Lain ikan lain belalang? Pasti dong ya…, perasaan itu papatah sering banget deh diungkapin guru SD gw, jadi kayanya nempel banget tuh pepatah di kuping. Emang kuping cantelan ya??? *bertanya bingung ma diri sendiri*

Dalam hal budaya, maksudnya kebiasaan yang sudah membudaya, Indonesia dan Korea tentu mempunyai budaya masing-masing yang tidak dimiliki oleh pihak yang lainnya. Ada hal-hal yang sudah menjadi budaya bagi Bangsa Indonesia, tetapi tidak bagi orang Korea. Begitu juga sebaliknya, menjadi ada hal biasa bagi orang Korea tapi tidak bagi orang Indonesia. Nah sekarang kita coba liat beberapa aja yahhh ^__^

1. Mabok.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, minum minuman yang memabukan adalah     pantangan yang harus di hindari. Meskipun ada beberapa daerah di Indonesia yang biasa minum arak atau tuak, tapi tetap aja mabok bukanlah salah satu budaya bagi sebagian orang Indonesia, kecuali bagi orang-orang sosialita kelas atas yang minum minuman kelas atas juga. Itu merupakan bagian dari pergaulan.

Tapi bagi orang orang Korea, minum minuman yang memabukan seperti soju (소주) adalah hal yang sangat biasa. Minum soju dianggap sebagai salah satu cara untuk saling mengakrabkan diri dalam pergaulan. Bagi orang Korea, pergi makan malam dan kemudian ‘minum’ alias mabok sepulang kerja adalah hal sangat lazim. Ngajak makan malam plus minum tentunya, merupakan salah satu yang dilakukan si atasan pada bawahannya untuk menghargai kerja keras bawahannya.

Jadi saking lazimnya mabok di Korea, melihat orang-orang yang tergelatak di trotoar atau di taman karena mabok adalah hal yang biasa. Bagi orang Korea, minum soju atau yang sejenisnya ibaratnya sama dengan orang yang merokok bagi kebanyakan orang Indonesia.
Bahkan meninggal karena kecelakaan yang diakibatkan karena mabokpun juga merupakan hal yang biasa juga terjadi di Korea.

Dari sejak kapan sih mereka sudah diizinkan minum oleh orangtua mereka? Dari orang Korea aku ketahui mereka sudah diizinkan dari ejak mulai remaja. Ketika minum soju ini, orang Korea mempunyai tata cara atau sopan sendiri. Kita diharuskan memalingkan muka kalo minum bersama orangtua atau bersama bos. Sering dong ngeliat hal ini di drama-drama Korea? Begitulah, bggak sopan banget minum dengan muka yang menghadap lurus ke depan.

2.    Merokok.

Nah, kalau dalam hal kuat merokok, orang Korea jauh kalah dari orang Indonesia. Bayangkan aja, orang Korea yang baru pertama kali datang ke Jakarta dimana-mana melihat remaja-remaja di Jakarta merokok, mereka akan sangat kaget.
“Mereka masih muda sudah merokok!” seru orang Korea ini.

Apalagi kalau orang-orang Korea tersebut melihat remaja-remaja ini merokok disamping bapak-bapak atau orang yang sudah tua, mereka akan lebih shock lagi.

“Mereka, merokok di depan orang tua? Apa itu tidak apa-apa?” tanya si orang Korea makin heran, makin nggak percaya.

Ini wajar saja, karena kalau di Korea PANTANG BANGET merokok di depan orangtua apalagi di dekat ayah. Wahhh… NGGAK SOPAN banget namanya tuh…

Orang-orang Korea ini baru mengerti kalau merokok sudah seperti “orang Korea yang sudah terbiasa dengan soju dari sejak muda” bagi orang Indonesia.

Nah, kalau mereka melihat lagi cewek-cewek Indonesia yang merokok di resto atau di caffe mereka kembali akan kaget.
“Wanita Indonesia banyak juga yang suka merokok ya?” tanyanya dengan wajah yang kembali heran.

Kata gue dalam hati, lah perempuan Korea juga banyak yang mabok kok…^_^ Jadi skor atu-atu dahhh

Advertisements

21 thoughts on “Budaya Indonesia Versus Budaya Korea : Part 1

  1. pantesan ya kalo liat di drama-drama korea, sering banget ada adegan minum-minum.

    Dulu juga pernah nginep di kosan teman yang dekat dengan tempat orang2 korea yg lagi belajar bhs indo dan budaya indo tinggal, tiap malem pasti ribut sekali. Mereka baru pulang larut malam, kadang teriak2 minta dibukakan pintu oleh penjaga kosan…dari suaranya seperti org yg mabuk.

    soal ngerokok juga ada yg lucu, jika di negerinya mungkin mereka tdk bisa buang puntung sembarangan. Nah, waktu lagi di sekitar kampus liat orang korea ngerokok dan buang puntung rokok sembarangan. Waduuhh kayaknya nih orang korea ngeliat pribuminya makanya berani bersikap kyk gitu… :))

    nice post…salam kenal
    -Andalusia-

  2. Ya emang, di drama Korea minum suju udah jadi bagian dari diri mereka. Bahkan yang cewek kalaupun ga suka minum pasti sesekali tetap harus minum saat kongkow2.

    YUp, salam kenal juga andalusia… Nice name. Jangan2 sangat suka spanyol nihh…:)

  3. wahh…bener tuh.bener….aku jg punya bos orang korea…
    duhh…kerjaannya tiap malam mabookkk mlulu…trus satu lagi tuh demen ama c*wek2 juga…xixixixixi…

  4. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ 1 과 : 문자 (PELAJARAN 1 : ABJAD) | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Restoran Korea ~ Daebak Fan Resto Margonda Depok | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

  7. Pingback: Mimpi Apa Aku Sampai Harus Ngeliat Cowok Bugil????? *Arrrrrggggg | Firsty Chrysant

  8. Pingback: Mau Mandi Susu? NO WAY…!!! Kapok Gue!!! | Firsty Chrysant

  9. Pingback: Gini Nih Kalo Ga Punya Malu : Nyante Aje Bugil di Depan Orang Lain…:( | Firsty Chrysant

  10. Pingback: Halan Halan ke Kebun Raya Cibodas Puncak | Firsty Chrysant

  11. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  12. Pingback: Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^ | Firsty Chrysant

  13. Pingback: SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA | Firsty Chrysant

  14. Wau nyasar ke blog anda eh baca2 beberapa ternyata menarik juga jd keterusan dan byk info baru seputar Korea hehe gomawooo ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s