8 Alasan Menyukai Drama Korea (8 이유 왜 한국 드라마 좋아해)

8 Alasan Menyukai Drama Korea (8 이유 왜 한국 드라마 좋아해)야….찬구 들은… 한국 드라마를 우주 좋아하지요….? 네…? 나 도….? 내가 한국 드라마를 아주 좋아해요….:) *sok bin belagu.com*

Temen-temen pada suka drama Korea kan…? Sama! Gue juga suka. Jujur aja, gue udah bertahun-tahun ga nonoton sinetron. Kira-kira, mungkin sudah sekitar tujuh tahunan gue udah nggak nonton sinetron, sejak serial Endless Love dan Winter Sonata diputar di  Indonesia tahun 2002 kalo ngga salah. Magnet drama Korea jauh lebih kuat daripada sinetron Indonesia, hehehehe.


Maafkeun, bukan nggak cinta, tapi kumaha deui…. Cerita sinetron Indonesia banyak banget yang nggak masuk akal, malah nggak masuk akal banget! Ceritanya bertele-tele ga karuan! Malah sampe bertahun-tahun ga jelas gitu deh. 
Kalau kalender Indonesia lagi bulan puasa dan lebaran, ceritanya tiba-tiba gikut puasa dan lebaran gitu deh. Kalo lagi natal dan taon baruan, crita juga ngalir kesana. Aneh kan?

Trus, yang lebih parah adalah, jahatnya tokoh antagonisnya sinetron luaaarrrrr biasa juaahaaattt. Kita jadi mikir, apa ada ya orang segitu jahatnya. Jahat ggak ketulungan.

*Untuk permintaan maaf ini, gue persembahkan secara khusus buat salah seorang sahabat MP gue yang juga seorang penulis skenerio sinetron*

Kenapa sih gue menyukai drama Korea?

1.    Ceritanya menarik, singkat dan deteil.

Salah satu unsur utama kenapa gue suka drama Korea adalah karena jalan ceritanya yang sangat menarik. Ceritanya ga terlalu panjang, rata-rata 16 atau 21 atau 25 episode. Jadi ga bertele-tele kaya sinetron lah. Jadi cukup beli vcd, nonton, abis, selesai deh!!! Ga perlu harus nunggu lama kelarnya gimana. Hallyu nggak kejar tayang kayak di Indonesia. Sinetron yang pakai seeson-seasonan itu, berubah karakter sesuai kalender Indonesia, puasa, lebaran, natal dan taon baru.

Boys Before Flowers misalnya, bayangkan aja, syuting pertama mereka  dilakukan di Makau, Cina. Padahal cerita tentang perjalanan ke Makau berada di pertengahan serial tersebut.

2.    Lebih nyata.

Maksud lebih nyata disini adalah ceritanya lebih menggambarkan kehidupan. Karakter tokoh tidak berubah-rubah semaunya si aktor atau aktrisnya. Sinetron, kalo kita liat, karakternya berubah ngga karuan, sekehendak hati pemainnya.

Misalnya gini, kalau si aktrisnya motong rambut, maka otomatis si karakter cerita juga terpaksa motong rambut tiba-tiba. Padahal gaya rambut tersebut ngga cocok ama karakter tokoh dalam sinetron tersebut. Banyak kan serial sinetron yang kaya gitu?

Nggak dipungkiri, serial Korea banyaknya juga yang bertema Cinderella, tapi mereka membuat jalinan kisahnya dengan sangat manis dan bagus. Dan karakter tokohnya tetap dipertahankan dari awal sampe akhir, kecuali kalo karakternya itu menggambarkan ulat yang menjadi kupu-kupu, misalnya.

3.    Romantis abisssss

Nah, ini nih yang ggak kuat…!!!! Drama Korea romntisnya benar-bener masuk menusuk ke jantung gue!!! Gue paling demen aja ngeliat cowok yang dingin yang ggak bisa ngungkapin perasaan lewat kata-kata, tapi ngungkapinnya pake tindakan. Misalnya, si cowok ga tau harus ngomong apa, tapi tiba-tiba si cowok langsung aja narik si cewek ke dalam pelukannya. Nah, pengambilan gambarnya ini nih yang oke banget…! Bagaimana ekspresi pemainnya betul-betul mengena.

4.    Dalam Diamnya Dia Berbicara.

Ini sih sebenarnya masih satu paket ama poin no. 3. Itu hanya quotation gue ajah “Dalam Diam Dia Berbicara”
Ngacoooo ya quot gue….

5.    Mellow dan Lucuuu!

Hebatnya Korea (dan juga Hongkong siy…). Mereka bisa bikin cerita yang konyol abis pada saat bersamaan dengan kisah Mellow… Banyak deh serial Korea yang bikin air mata berderai karena sedihnya.

Saking mellow-nya dua temen kosku malah pernah sampai terisak yang seperti orang yang kecekek gitu deh, saking menghayati kemelowan ceritanya.

Nah, kalo soal lucu…, mungkin itu juga sudah karakter orang Korea kali ya…! Karena disana, banyak orangtua yang memberi saran ke anak gadisnya, salah satu syarat calon suami adalah cari calon suami yang lucu…..!!! Alasannya sih biar suami slalu menceriakan hari-hari sang istri. Dan itu berarti ujung-ujungnya kebahagiaan.
Hayooooh cari suami yang lucu…!

6.    Setting lokasinya indah buanget….

Nahhhh, ini dia. Sineas Korea benar-benar memanfaatkan setting ato tempat syuting mereka sebagai ajang promosi wisata. Inget serial Winter Sonata dengan Pulau Nami-nya yang pohon berbaris rapi? Seakan-akan sewaktu ditanam jarak antar pohon diukur dengan mistar. Atau juda ada area ski-nya yang keren? Endless Love dengan desa dan pantainya indah*kalo kaya gitu sih Indonesia juga banyak sih* Dae Janggeum yang ber setting istana, juga ada?

Tempat-tempat itu sekarang dijadikan destinasi wisata Korea…! Kapan ya Indonesia kaya gitu juga….? (Udah sih…, lokasi syuting Laskar Pelangi juga dijadiin paket wisata)


7.    Lagu-lagunya keren punya bo….!

Ini yang nggak kalah penting!!!! Dari awal puter ampe abis, kita bakal disuguhin lagu-lagu yang oke punya…. Mulai yang pakai boyband, penyayi solo, duo… ato cuma deningan piano dan gesekan biola. Semuanya adalah penyanyi terkenal Korea. Coba aja liat Boys Before Floers… full House, Paris in Lovers,  Iris dan sebagainya…dan sebagainya…

Ga cuma lagunya, intro-intro musiknya juga keren abis…!!! Soal intronya ini, gue paling demen ama intro musik Winter Sonata dan Endless Love. Dentingan-dentingan pianonya benar-benar menghanyutkan perasaan… Alamakkkkk.

Pokoknya KEREN ABIS……… 아주 멋있어요…….!!!!


8.    Aktornya ganteng-ganteng siy…

Aktor n aktrisnya ganteng…? Ini mah bonus… Dimana-mana juga kalo mo masuk dunia hiburan, ganteng dan cantik adalah hal utama…. Kecuali tentunya untuk peran tertentu aja… Itu mah hukum alam…

Advertisements

46 thoughts on “8 Alasan Menyukai Drama Korea (8 이유 왜 한국 드라마 좋아해)

  1. Nambahin ya?
    Sekalipun pendek (Seondeok 62 episode) detailnya kerasa banget. BAgaimana mengekspos perang, taktik, cinta, muslihat…pastinya karena penulis dan semua kru film betul2 serius menggarapnya.

    Ada totalitas dari para pemainnya. Mulai dari Lee Yo Won (Queen Seon Deok), Kim Nan Gil (Bidam), Alcheon, Wolya, Mishil, dll dsb sampai pemeran pembantu seperti JukBang, Godo…aktingnya alami, natural, tapi gak main2!

  2. Senin – jum'at ada 4 film korea di tv.. 2 didubbing, 2 lagi engga didubbing (Horee!!).. lumayan ada tontonan gratis ^ ^
    sinetron dari dulu gw kagak pernah nonton, kecuali OVJ (ehh, itu mah bukan sinetron yak?) Makin cinta sama pelem korea hihiii…
    Kapan kita ngedatengin lokasi syutingnya di sonoh yak? *ngayal.com*

  3. yup, dan mereka ga khawatir ga laku mengangkat sejarah mereka ke dorama.
    karena digarap dengan totalitas itu tadi ceritanya sangat berisi, kita jadi merasa bisa mengambil banyak nilai dan ga sekedar hiburan yang ngabisin waktu aja.
    semoga indonesia (sinetron) bisa belajar dari mereka..

  4. itulah sebabnya aku nonton KBS World terus tiap hari hehehehehe… *^^*

    p.s.: serial yg bagus & lagi diputar sekarang itu adalah dalja's spring & the slave hunter… aku juga suka serial yg baru selesai diputar spt iris, taming of the heir, terms of endearment dan hwangjini (yg serial bukan film)… aku juga suka jolly widows (atau everybody cha cha cha) tapi krn serialnya diputar tiap hari jam 6.30 malam dan seringnya aku baru nyampe rumah jam 7an, jadi ngga berurut ngikutinnya… *^^*
    nanti kalau aku udah dapet ost lengkapnya taming of the heir, kita tukeran lagi ya, mbak, dgn ost yg mbak punya *^^*

  5. Wah, mb termasuk pengagum Kim Yu Sin. Masalahnya nama Korea aslinya agak susah diingat..duh, maaf ya..jangan sedih gitu deh 😉 Jumat, 13 Feb '10 terakhir…sedih juga ditinggalin Deokman…hiks

  6. huaaaa….iya. drama2 korea emang keren2. aku juga suka banget film korea yg ini. kemarin waktu diputer di indosiar nonton terus coz dulu ga tahu awalnya. dan aku bisa ngerasa sedih, terharu bercampur ngerasa lucu. bisa mewek-mewek sambil senyum-senyum. apalagi musiknya…gila. keren banget. kuhitung kayaknya total ada 10 soundtrack dech.

  7. *telp Echan*

    Chan, sorry Chan, bukan ga mau ngasih ke Echan, tapi Won Bin nya udah lengket kaya perangko ma gw…. Sorry ya Channnn

    *Echan teriak* Tidaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkk. Andweeeeeeeeee

  8. Namanya tae wong (오 대 웡) Mba… (moga aja hangeulnya ga salah). Yailah kagum banget ma Kim Yu Sin. Cinta ma Deogman, tapi lebih cinta lagi ama negaranya, Shilla. Dia mematikan perasaan pribadinya pada Deogman demi mewujudkan impian deogman jadi Putri Shilla. Pada saat bersamaan dia juga sangat setia pada penduduk bekas kerajaannya yang ditaklukan Shilla, Kerajaan Gaya… Huhuhuhu, mengharukan….!

  9. ikut komen mbak.. kalo disodorin film Jepang, kayaknya saya lebih milih film Jepang, hehe.. karena spiritnya lebih dapet.. tapi kalo musik dan pemain-nya korea setingkat lebih di atas deh.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s