Lagu Cinta Yang Menghiba

Lagu Cinta yang Menghiba

Teman,
Kemarin kami berkumpul di teras sebuah mesjid yang nyaman. Ketika sesaat sebelum zhuhur, seperti biasa selalu diputar kaset mengaji sebelum dikumandangkannya aan zhuhur oleh sang muazin.

Begitu sang Qari membaca Al-qur’an, ada rasa haru yang menyentak. Ada rasa damai yang menyeruak.
    
“Ya Allah, enak banget lagu tartilnya…!” batinku.

    Benar, lagu tartil yang dibawakan sang Qari begitu syahdu terdengar. Seperti lagu seorang hamba yang menghiba-hiba permohonan ampun pada Yang Maha Kuasa atas dosa-dosanya yang bagaikan butir-butir pasir di pantai yang tak berhingga.

Atau juga lagu cinta yang menyanjung puja yang dicintainya. Berharap yang dipuja menerima cintanya dengan pesona lagu cinta yang didendangkannya.

Lembut, tenang, menghanyutkan dan menggetarkan yang mendengarnya.

Pada saat seperti itu mata saya tanpa sadar melirik ke samping kanan saya. Saya melihat mbak Puji yang matanya memerah. Tanpa ada rasa ngeh, saya asyik lagi dengan pikiran saya.

Tapi kemudian mata saya kembali melirik ke arah kanan saya karena mendengar ada suara terisak. Ternyata itu berasal dari mbak Puji.
“Kenapa Mbak…?” tanyaku heran.
“Ngajinya enak banget…!” jawab mbak Puji.

Ya Allah, kataku dalam hati. Sebegitu halus dan lembutkah perasaan mbak Puji sampai ia meneteskan air mata ketika mendengar bacaan Alqur’an.

Tiba-tiba otakku menuntunku pada sebuah ayat yang salah satu ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah, bergetar hatinya bila dibacakan ayat-ayat Allah.

Ya Allah, kapan ya aku sampai pada tahap seperti yang dialami mbak Puji yang sampai meneteskan air mata mendengarkan kalimat-kalimat Engakau ya Rab.

Kapankah aku benar-benar tunduk dan khusyuk pada Engkau Ya Allah. Berserah diri dengan segenap hati dan jiwaku. Tuntunlah aku ya Allah….

2 thoughts on “Lagu Cinta Yang Menghiba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s