SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA

SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREASeoye (세예) atau sôye adalah seni menulis indah Korea. Bisa disebut juga dengan seni kaligrafi Korea yang meliputi seni menulis indah itu sendiri dan juga seni melukis.Seoye (세예) merupakan salah satu budaya Korea yang berasal dari daratan Cina. Masyarakat Korea dulunya belajar seoye karena masyarakat Korea menggunakan huruf Cina atau yang dikenal dengan sebutan hanja ~ 한자 dalam penulisan bahasa Korea.

Seoye (세예) pada zaman dulu diajarkan di sekolah-sekolah Budha atau confusian seiring dengan perkembangan kedua ajaran tersebut di Korea. Jadi tidak heran yang bisa belajar kalighrafi ini hayalah kaum bangsawan Korea yang disebut yangban (양반) dan pelajar atau sarjana yang belajar di sekolah budha atau cofusian saja. Apalagi pada zaman kerajaan Goryeo, setiap sarjana Budha atau confusian wajib memiliki kemampuan membuat atau seoye (서예).

Perkembangan seoye (서예) paling besar terjadi pada zaman kerajaan Joseon, kerajaan terakhir yang berkuasa di Korea. Pada masa ini banyak bermunculan teknik dan gaya penulisan seoye (서예).

Peralatan soeye

Alat-alat yang digunakan untuk membuat seoye (세예) ada 4 macam. Sehingga ke ampat alat tersebut disebut dengan 문방사우(munbangsau) atau “empat harta karun dalam belajar”. Kenapa disebut demikian? Karena alat-alat ini wajib dipunyai oleh setiap pelajar confusius dan juga selalu ada di ruang sarangbang (사랑방) di rumah yangban.

Alat-alat tersebut adalah :

1.    But (붓)

But (붓) atau kuas adalah alat yang paling utama yang digunakan dalam seoye (서예). Bentuk bulu but ada berbagai macam. Ada yang tipis, yang tepal, dan ada juga yang sedang. Cara pegang alat ini tidak bisa digunakan sembarangan saja, harus berdiri tegak supaya menghasilkan goresan yang bagus.

Cara atau teknik menggoreskannya pun harus lembut dan dengan kuas yang tegak supaya goresan yang dihasilkan bagus, dan supaya menghasilkan tulisan yang rapi dan indah. Butuh kesabaran penuh untuk mengahsilkan goresan yang bagus.

But, kuas untuk kaligrafi. Gambar dari google

But, kuas untuk kaligrafi. Gambar dari google

2.    Meok atau môk (먹)

Meok atau môk (먹) adalah bahan dasar tinta yang berbentuk balok batangan. Meok (먹) ini terbuat dari kayu pinus yang dibakar dan dicampur dengan minyak atau lemak rusa.

Meok, bahan untuk tinta seoye

Meok, bahan untuk tinta seoye

Untuk menghasilkan tinta, meok (먹) digosok-gosokkan perlahan-pahan dengan gerakan memutar pada batu tinta atau byeoru (벼루) yang sudah diisi air . Menggosoknya harus dengan penuh perasaan dan kesabaran karena kalau tidak dengan perasaan maka (katanya) warna yang dihasilkan tidak akan benar-benar hitam seperti yang diinginkan (hadeeuuuhhh, rempong banget boooo.

Tetapi zaman sekarang untuk lebih praktisnya disamping menggunakan tinta yang dibuat dari meok (먹) dan byeoru (벼루), orang-orang sudah menggunakan tinta buatan pabrik. Tinggal tuang tinta ke byeoru, langsung bisa membuat seoye. Tetapi bagi seniman seoye tetap saja lebih suka menggunakan tinta dari meok dan byeoru.

3.    Byeoru atau Byôru (벼루)
Byeoru atau Byôru (벼루) adalah batu tinta yang digunakan untuk mengosok batang tinta atau meok(먹).

Tempat menggosokkan meok atau tinta

Tempat menggosokkan meok atau tinta

 

Meok yang digosokan ke byeoru

Meok yang digosokan ke byeoru

4.    Jongi (종이)
Jongi (종이) adalah kertas yang digunakan sebagai kanvas atau media menulis dan melukis. Kertas ini sangat tipis, mirip kertas papirus.

Jongi, kertas untuk seoye

Jongi, kertas untuk seoye

Pertama belajar seoye ternyata sangat melelahkan karena untuk membuat tintanya saja tidak mudah, harus dengan perasaan. Dan ketika pertama kali belajar menggoreskan sapuan but (붓) juga bukan perkara yang gampang karena membuat tarikan awal goresannya saja butuh ketekunan. Dan bikin badan berkeringat, hehehe

Belajar buat garis dan lingkaran

Belajar buat garis dan lingkaran

Untuk tahap pertama yang dipelajari adalah membuat garis-garis dasar dari kiri ke kanan atau atas ke bawah dan lingkaran. Kalau sudah bisa membuat garis dasar dan lingkaran dengan baik baru bisa membuat kata atau kalimat dan membuat gambar atau lukisan.

Biasanya lukisan yang dibuat adalah lukisan bunga, bambu, pegunungan dan orang.
lukisan bambu

송희야…, 너 열심히 가르쳤지만 난 서예를 잘 만들 수 없어서 미안해요…^^

NB : Berikut ini beberapa tulisan saya tentang Korea

  1. Buku Cara Mudah Belajar Bahasa Korea (쉽게 한국어를 배워요).
  2. Hanok (한옥), rumah tradisional korea.
  3. Hanbok (한복), baju tradisional korea.
  4. Seoye (서예), kaligrafi korea atau seni menulis indah korea.
  5. Hallyu (한류), Korean wave atau gelombang korea.
  6. Kimchi (김치), makanan fermentasi atau asinan korea.
  7. Chaebol/jaebol (재벌), konglomerat korea.
  8. Hanguk Munhwawon (한국 문화원) Pusat Kebudayaan Korea Jakarta.
  9. Belajar bahasa Korea.
  10. Belajar bahasa Korea.
  11. Janggo atau Janggu, musik tradisional Korea.
  12. Makanakan korea (한국 음식).
  13. Alasan kenapa orang korea senang tinggal di Indonesia.
  14. Budaya korea bag : 1.
  15. Budaya korea bag 2.
  16. Sejarah Hangeul dan Huminjeongeum.
  17. Idgham alias dengan dengung dalam bahasa Korea.
  18. Pandangan bos korea terhadap karyawan orang Indonesia.
  19. Arti percaya kepada tuhan bagi orang korea.
  20. Belajar bahasa Indonesia buat Orang Korea or Learn Indonesian Language for Korean People.

25 thoughts on “SEOYE (서예) ~ SENI MENULIS INDAH (KALIGRAFI) KOREA

  1. Pingback: 한옥 (Hanok) ~ Rumah Tradisional Korea (Korean Traditional House) | Firsty Chrysant

  2. Pingback: Bukuku "CARA MUDAH BELAJAR BAHASA KOREA", Alhamdulillah udah terbit… | Firsty Chrysant

  3. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ 1 과 : 문자 (PELAJARAN 1 : ABJAD) | Firsty Chrysant

  4. Pingback: 인도네시아어를 공부합니다 ~ : Learn Indonesian Language For Korean People | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Restoran Korea ~ Daebak Fan Resto Margonda Depok | Firsty Chrysant

  6. Pingback: Firsty Chrysant

  7. Pingback: Sarangbang (사랑방) and Sarangchae (사랑채) in Korean House | Firsty Chrysant

  8. Pingback: Sarangbang (사랑방) and Sarangchae (사랑채) in Korean Traditional House | Firsty Chrysant

  9. Pingback: Selamat Datang 어서 오세요 | Firsty Chrysant

  10. Pingback: Mimpi Apa Aku Sampai Harus Ngeliat Cowok Bugil????? *Arrrrrggggg | Firsty Chrysant

  11. Pingback: Mau Mandi Susu? NO WAY…!!! Kapok Gue!!! | Firsty Chrysant

  12. Pingback: Gini Nih Kalo Ga Punya Malu : Nyante Aje Bugil di Depan Orang Lain…:( | Firsty Chrysant

  13. Pingback: Halan Halan ke Kebun Raya Cibodas Puncak | Firsty Chrysant

  14. Pingback: Orang Korea Petama Yang Gue Liat Pake Jilbab : Cakep Boooooo (내가 처음 질밥을 입는 한국 사람을 봄… : 아주 예뻐…)F | Firsty Chrysant

  15. Pingback: Han Ryu (한류) ~ Korean Wave : 난 한국을 좋아해요 ^__^ | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s